Kompas.com - 12/10/2020, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro optimistis Vaksin Merah Putih akan memulai uji klinis pada awal 2021. Hal itu disampaikan Bambang usai rapat bersama Presiden Joko Widodo secara virtual, Senin (12/10/2020).

"Kalau melihat tahapannya diperkirakan triwulan-1 2021 sudah ada yang melakukan uji klinis ke manusia. Dan sebagian akhir tahun ini mungkin sudah menyelesaikan uji klinis ke hewan," kata Bambang.

"Jadi menjawab pertanyaan tadi kita masih optimis rencana untuk uji klinis awal 2021 on track, terutama vaksin yang dikembangkan oleh Lembaga Eijkman dan UI," tutur dia.

Baca juga: Pemerintah Sebut Stok Vaksin Covid-19 untuk 135 Juta Orang pada 2021 Tercukupi

Bambang menambahkan saat ini Vaksin Merah Putih dikembangkan oleh enam institusi di Indonesia. Mereka adalah Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, LIPI, UI, UGM, ITB, dan Unair.

"Keenam institusi menggunakan platform berbeda-beda," ucap Bambang.

Saat ini, Indonesia telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksin Covid-19 dari tiga perusahaan medis asal Cina. Ketiga perusahaan itu yakni Sinovac, Sinopharm, dan Cansino.

Selain itu, Indonesia tengah bernegosiasi dengan perusahaan medis asal Inggris, AstraZeneca untuk menambah stok vaksin.

Baca juga: Menko Airlangga: 50 Juta Dosis Vaksin Sedang Disiapkan Pemerintah

Adapun vaksin dari ketiga perusahaan China tersebut kini sudah masuk pada tahap akhir uji klinis tahap ketiga dan dalam proses mendapatkan emergency use authorization (EUA) di sejumlah negara.

Cansino melakukan uji klinis tahap ke-3 di Tiongkok, Arab Saudi, Rusia, dan Pakistan. Kemudian, G42/Sinopharm melakukan uji klinis tahap ke-3 di Tiongkok, Uni Emirat Arab (UEA), Peru, Moroko, dan Argentina.

Sementara, Sinovac melakukan uji klinis tahap ke-3 di Tiongkok, Indonesia, Brazil, Turki, Banglades, dan Chile.

Adapun emergency use authorization dari Pemerintah China telah diperoleh ketiga perusahaan tersebut pada bulan Juli 2020. UAE ikut memberikan emergency use authorization kepada G42/Sinopharm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.