KILAS

Begini Cara Penyintas Covid-19 Ajarkan Anak Terbiasa Memakai Masker

Kompas.com - 09/10/2020, 11:53 WIB
 Penyintas Covid-19, Made Rossalita Mirah Utami Dok. Humas BNPB Penyintas Covid-19, Made Rossalita Mirah Utami


KOMPAS.com - Penyintas Covid-19, Made Rossalita Mirah Utami menceritakan, ia dan suami selalu mengajarkan anaknya kebiasaan memakai masker saat keluar rumah.

“Saya dan suami selalu mencontohkan kepada anak, jika keluar rumah selalu memakai masker. Dengan melihat ayah dan ibunya memakai masker, anak akan mengikuti,” ujar perempuan yang disapa Lita, seperti diberitkan covid19.go.id, Jumat (9/10/2020).

Hal itu Lita ungkapkan dalam talkshow Jaga Keluarga dengan Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak (3M) di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Meski demikian, ia mengakui, tidak mudah untuk mengajarkan kebiasaan memakai masker saat keluar rumah.

Baca juga: Walkot Sebut Satu Hotel di Bekasi Sudah Disetujui BNPB Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

"Namun, saya berupaya sekuat tenaga memberikan pengertian kepada anak agar menutup hidung hingga mulutnya saat keluar rumah," tuturnya 

Lita menjelaskan, agar anaknya yang masih berusia 1,5 tahun itu lebih mudah memahami, ia mengibaratkan masker sama seperti sandal yang wajib dikenakan jika keluar rumah.

“Jadi, saya katakan kepada anak, kalau tidak mau pakai masker, rencana mau jalan-jalan batal,” ujar Lita yang langsung mengungsikan anaknya ke rumah orangtua saat mengetahui dirinya positif Covid-19.

Lita pun optimis, penerapan protokol kesehatan tersebut dapat menjadi kebiasaan baru dalam keluarga.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X