Kompas.com - 08/10/2020, 16:57 WIB
Anggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro. Dok. BNPBAnggota Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro meminta masyarakat tidak khawatir dengan efek samping vaksinasi.

Pasalnya, proses dalam melakukan pembuatan vaksin, kata dia, sudah melalui berbagai tahapan dan proses yang sangat ketat.

"Jadi tidak usah khawatir lagi efek samping penyakit-penyakit yang tidak ada hubungannya dengan imunisasi," ujar Reisa di acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9 secara daring, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Menkes Terawan Berwenang Tetapkan Harga Vaksin Covid-19

Reisa mengatakan, meski sempat ada mitos yang berkaitan dengan efek samping vaksin, seperti mitos vaksin akan menyebabkan autisme, tetapi seharusnya hal tersebut tak terjadi lagi.

Apalagi, mitos bahwa vaksin dapat menyebabkan autisme seperti vaksin MMR dari sebuah penelitian tahun 1998 tidak terbukti dan jurnalnya pun sudah ditarik.

Selain itu, sang peneliti yang sudah mendapat sanksi pada tahun 2010.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita bisa tahu dari rangkaian panjang vaksin itu. Seharusnya sejak tahun 2010 bahwa untuk vaksin itu melalui proses penjagaan keamanan ketat dan regulasi untuk approvalnya juga sangat panjang dan sulit," kata dia.

"Jadi benar-benar harus diuji keamanan dan efektivitasnya, baru boleh disebarkan dan dijual," ujar dia.

Baca juga: Presiden Tugaskan Bio Farma Lakukan Pengadaan Vaksin Covid-19

Reisa juga memaparkan bahwa dalam pembuatan vaksin ada beberapa teknik yang digunakan.

Ada vaksin yang menggunakan virus hidup yang sudah dilemahkan seperti vaksin MMR untuk penyakit campak, gondong, dan rubella.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.