Kompas.com - 07/10/2020, 06:32 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim terjadi penurunan kasus Covid-19 pada periode 28 September hingga 4 Oktober.

Hal tersebut disampaikan Wiku dalam keteranga melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020).

"Pada minggu ini, terlihat perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional lebih baik dari pekan sebelumnya. Pada level nasional terjadi penurunan kasus positif sebesar 7,4 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya," ujar Wiku.

Baca juga: Pemprov DKI Tutup 72 Unit Usaha karena Langgar PSBB, Mayoritas Restoran

"Lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pada pekan ini seluruhnya berbeda dari pekan sebelumnya," sambung dia.

Pada pekan sebelumnya, penambahan kasus tertinggi terjadi di Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatera Barat dan Jawa Tengah.

Lima besar provinsi dengan kenaikan kasus tertinggi pekan ini terjadi di Maluku dengan kenaikan 152 kasus, Riau dengan kenaikan 131 kasus, Gorontalo dengan kenaikan 107 kasus, Sulawesi Barat dengan kenaikan 99 kasus, dan Aceh dengan kenaikan 97 kasus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bila dibandingkan dengan minggu lalu, kenaikan kasus di Jawa Barat, DKI Jakarta itu angkanya ribuan, yaitu 1.700, 1.002, dan minggu ini kenaikanya diduduki provinsi yang kami sebutkan dan angkanya ratusan," ucap Wiku.

Baca juga: Update 6 Oktober: Kasus Baru Covid-19 Tercatat di 32 Provinsi, DKI Jakarta Catat Penambahan Tertinggi

"Jadi ini adalah prestasi nasional yang luar biasa di seluruh daerah berkontribusi. Kami mohon agar tetap ini dijaga. Mari kita jangan berlomba-lomba untuk masuk ke lima besar masuk kasus positif," lanjut dia.

Adapun berdasarkan data hingga Selasa (6/10/2020) pukul 12.00 WIB, terdapat penambahan 4.056 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-29 di Indonesia kini berjumlah 311.176 orang, terhitung sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.