Penanganan Covid-19, Ketua DPR: Jangan Sia-siakan Pengorbanan Masyarakat Diam di Rumah

Kompas.com - 05/10/2020, 19:47 WIB
Ketua DPR Puan Maharani dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Dokumen DPR RIKetua DPR Puan Maharani dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI ( DPR RI) Puan Maharani mengingatkan agar pemerintah tidak menyia-nyiakan pengorbanan masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah untuk menghindari penularan Covid-19.

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah selama ini untuk menjaga diri dan menjaga lingkungannya," kata Puan dalam Rapat Paripurna DPR yang disiarkan melalui akun YouTube DPR RI, Senin (5/10/2020).

Baca juga: 9 Pegawai Kejari Kota Bogor Positif Covid-19, Pelayanan Ditutup Sementara

Politisi PDI-P itu menuturkan, di tengah jumlah kasus Covid-19 yang terus menanjak, rakyat menaruh harapan besar kepada Pemerintah untuk dapat menangani pandemi.

Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah pusat dan daerah untuk terus berkoordinasi, bersinergi, dan konsisten dalam penanganan Covid-19.

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan dari berbagai pihak, hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan," kata Puan.

Selain itu, Puan juga mengingatkan agar setiap orang terus disiplin menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun, serta jaga jarak fisik.

Ia mengatakan, menjalankan protokol kesehatan merupakan bentuk tanggung jawab kemanusiaan.

Baca juga: Kelompok Remaja Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Kota Ambon

"Kita butuh gotong royong berskala besar dalam melawan pandemi Covid-19. Insya Allah dengan kita kerja Bersama maka Indonesia akan bisa melewati tantangan ini," kata Puan.

Adapun jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia secara akumulasi tercatat mencapai angka 307.120 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 11.253 pasien telah meninggal dunia akibat Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X