Bagir Manan: Pers Harus Mewakili Seluruh Rakyat Indonesia

Kompas.com - 02/10/2020, 17:08 WIB
Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan seusai acara diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2017). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan seusai acara diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (25/5/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tokoh Pers Indonesia Bagir Manan mengatakan, pers harus menjadi wakil masyarakat Indonesia dalam melaksanakan tugas pemberitaan.

Termasuk untuk berani mengkritisi kebijakan-kebijakan yang dinilai kontra produktif dengan kepentingan masyarakat.

“Yang harus disadari pers, apalagi Dewan Pers, pers itu harus mewakili seluruh Indonesia, seluruh rakyat Indonesia, harus menjadi juru bicara rakyat Indonesia, jangan hanya tenggelam di suatu tempat saja,” Bagir Manan dalam diskusi bertajuk ‘Kontribusi Pers Menghadapi Pandemi Covid-19’, Jumat (2/10/2020).

Di kondisi pandemi ini, katanya, pers sudah cukup banyak pemberitaan tentang Covid-19 yang dimuat media sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang lebih akurat.

Baca juga: Indeks Kemerdekaan Pers di Jakarta, Papua Barat, dan Papua Paling Rendah

Ia bahkan tak segan menyebut pers sudah bekerja mati-matian untuk memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Pers sudah sangat bagus memberitakan tentang Covid-19, sangat informatif, pers juga memberikan pemikiran-pemikiran melalui editorial, melalui tajuk rencana, bahkan mengumpulkan bantuan segala macamnya,” kata Bagir Manan.

Lebih lanjut, ia mengingatkan Pers untuk tidak berfokus pada satu titik pemberitaan. Pers diminta untuk melakukan pemberitaan secara merata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Doxing, Ancaman bagi Pers di Era Digital

Ia mencontohkan, pejabat DKI terkena Covid-19, menurutnya berita itu terus menerus diberitakan, sedangkan ada pejabat di daerah lain yang juga terkena covid-19 tidak mendapatkan porsi pemberitaan yang cukup.

“Kadang-kadang Pers begitu bersemangat, terlalu banyak berita tentang Covid-19 sehingga berita lain sedikit, sedangkan masalah (selain Covid-19) juga banyak,” ujar Bagir Manan.

Ia juga meminta Pers terus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah untuk terus melakukan pemberitaan yang dibutuhkan masyarakat.

“Itulah anjuran saya, mari kita kuat kerjasama, mari kita berani berkata kepada pengambil keputusan bahwa kita harus punya pilihan tertentu demi keselamatan kita bersama,” tutur Bagir Manan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X