Hari Batik Nasional, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Masker Batik

Kompas.com - 02/10/2020, 16:14 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato untuk ditayangkan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin dunia untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi Covid-19. ANTARA FOTO/HO/KEMENLUPresiden Joko Widodo menyampaikan pidato untuk ditayangkan dalam Sidang Majelis Umum ke-75 PBB secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo mengajak pemimpin dunia untuk bersatu dan bekerja sama dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com -Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat memakai masker bermotif batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini.

Sebab, pandemi Covid-19 bukan lah sebuah halangan untuk merayakan budaya Indonesia.

"Pandemi bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober. Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker," tulis Jokowi lewat laman Instagramnya @ jokowi, Jumat (2/10/2020).

Baca juga: Ganindra Bimo Ajak Banggakan Batik Ketimbang Supreme dan Bape

Dengan menjadikan motif batik sebagai masker, masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 sekaligus melestarikan budaya.

Bersama tulisan itu, Jokowi mengunggah sebuah video singkat yang menunjukkan beragam motif masker batik.

"Ayo, masker batik mana yang pas dan Anda suka?" tulis Jokowi.

Pada 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi.

Baca juga: Pemkot Pekalongan Gelar Upacara Virtual Peringatan Hari Batik Nasional

Penetapan itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Indonesia setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk daftar ICH UNESCO.

Sejak penetapan tersebut, maka Indonesia pun memperingati 2 Oktober sebagai hari batik nasional.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X