Dua Pekan Luhut Pimpin Penanganan Covid-19, Persentase Kasus Aktif di 10 Provinsi Diklaim Menurun

Kompas.com - 01/10/2020, 21:58 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat koordinasi terkait persiapan vaksinasi covid secara virtual di Kantornya, Jakarta, Rabu (30/9/2020). Dokumentasi Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan InvestasiMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat koordinasi terkait persiapan vaksinasi covid secara virtual di Kantornya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengklaim, persentase kasus aktif Covid-19 di provinsi prioritas menurun usai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memimpin penanganan Covid-19 di 10 provinsi.

Sebanyak 10 provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, Bali, dan Banten.

Hal itu disampaikan Wiku dalam keterangan persnya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

"Sejak ditunjuknya Menko Marves (Luhut Panjaitan) dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 untuk menangani Covid-19, jika dilihat persentase kontribusi 10 provinsi prioritas terhadap kasus nasional cenderung mengalami penurunan," ujar Wiku.

Baca juga: 2 Pekan Luhut Tangani Covid-19, Angka Kematian di 5 Provinsi Prioritas Meningkat

"Pada 13 September, persentase kasus aktif pada 10 provinsi ini menyumbang 71,8 persen dari kasus aktif nasional. Kemudian pada tanggal 20 Sepetember, persentase menurun menjadi 70,4 persen dan kemudian pada tanggal 27 September mencapai 67,6 persen," lanjut dia.

Sebelumnya jumlah kasus aktif di 10 provinsi tersebut terus meningkat dan menjadi penyumbang terbesar kasus aktif Covid-19 secara nasional.

"Ini adalah kabar baik dan perlu untuk terus ditekan sehingga kasus aktif pada 10 provinsi prioritas ini dapat semakin menurun," lanjut Wiku.

Baca juga: Luhut Nilai Sertifikasi Produk Kesehatan dan Farmasi RI Mutlak Diperlukan

Adapun kasus aktif Covid-19 pada 1 Oktober mencapai 61.839 orang.

Dengan demikian, presentasenya ialah 21,4 persen dari total orang yang terinfeksi Covid-19.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo menugaskan Luhut Binsar Pandjaitan untuk menekan penyebaran Covid-19 di sembilan provinsi prioritas.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengungkapkan, Luhut dipercaya Presiden Jokowi karena selama ini mampu mengeksekusi tugas-tugas yang diberikan dengan baik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X