DMI Imbau Jajarannya Bersikap Netral pada Pilkada 2020

Kompas.com - 28/09/2020, 12:21 WIB
Ilustrasi Pilkada KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi Pilkada

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau jajarannya untuk bersikap netral dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020.

Imbauan tersebut tertuang dalam Nomor 205/PP-DMI/A/IX/2020, yang dikeluarkan pada Jumat (25/9/2020) dan ditandatangani oleh Ketua DMI Jusuf Kalla.

"Agar seluruh tingkatan pimpinan dan anggota Dewan Masjid Indonesia bersikap netral. Tidak melibatkan DMI dalam arus dukung-mendukung atau menentang terhadap kepentingan politik, baik kepartaian maupun kontestan pemilukada," demikian salah satu kutipan dalam surat edaran yang diterima Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Jusuf Kalla: Jika Pilkada Membuat Rakyat Sakit, untuk Apa Disegerakan?

DMI juga mengimbau jajarannya untuk mensterilkan masjid atau musala dari kepentingan politik.

Kemudian, melarang adanya atribut kampanye pilkada maupun kepartaian di masjid dan musala.

"Karena dapat memantik sentimen kelompok dan mengganggu kerukunan jamaah, umat dan masyarakat berskala luas, termasuk mengganggu kerukunan antaragama," bunyi salah satu kutipan dalam surat edaran itu.

Baca juga: Jusuf Kalla Sebut Partisipasi Pemilih Bisa Turun jika Paksakan Pilkada Saat Pandemi

Selain itu, DMI juga meminta agar proses pemungutan suara tidak dilakukan di lingkungan masjid atau musala.

Mengingat, besarnya ancaman penularan virus corona atau Covid-19 dan demi terjaminnya keamanan serta kesehatan masyarakat.

Tahapan Pilkada 2020 tetap digelar di tengah pandemi Covid-19. Pada tanggal 4 hingga 6 September lalu, KPU menyelenggarakan pendaftaran peserta Pilkada.

Pada Rabu, (23/9/2020), KPU menggelar penetapan pasangan calon kepala daerah dan pengundian nomor urut pada Kamis (24/9/2020).

Hari pemungutan suara rencananya dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember. Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X