Jokowi Sebut Tol Pekanbaru-Dumai Tingkatkan Perekonomian Riau

Kompas.com - 25/09/2020, 16:01 WIB
Presiden Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Jokowi meresmikan tol Pekanbaru-Dumai lewat video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengatakan, keberadaan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai akan meningkatkan perekonomian masyarakat Riau.

Pasalnya, tol tersebut akan mempersingkat jarak tempuh ibu kota Provinsi Riau dengan Dumai yang merupakan wilayah industri sekaligus perkebunan.

"Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau (Pekanbaru) dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju seperti yang tadi disampaikan Gubernur Riau," kata Jokowi saat meresmikan tol Pekanbaru-Dumai secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

Baca juga: Dari Istana Bogor, Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai

Jokowi mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai dengan panjang 131 kilometer merupakan salah satu ruas dari Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.765 kilometer, yang membentang dari Lampung hingga Aceh.

Ia menambahkan Tol Pekanbaru-Dumai memperpendek jarak tempuh Pekanbaru-Dumai yang semula 200 kilometer menjadi 131 kilometer.

"Dengan kondisi ini truk-truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya," lanjut Presiden.

Baca juga: Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Sudah Mengundang Investor...

Tol Pekanbaru-Dumai mulai dikerjakan pada 2016. Hutama Karya membenamkan investasi untuk membangun Tol Pekanbaru-Dumai senilai Rp 16,21 triliun. Masa konsesi 40 tahun.

Tol Pekanbaru-Dumai mencakup enam seksi tol yaitu Seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 kilometer, Seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 kilometer, dan Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26,5 kilometer, Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 kilometer dan Seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 kilometer.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Penuh Jumat Ini

Tol ini dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol dan lima pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

TIP terbagi menjadi dua tipe yakni Tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, dan Tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).

Selain itu terdapat empat terowongan (underpass) perlintasan gajah sebagai bentuk harmonisasi infrastruktur dengan alam.

Terowongan gajah disiapkan dengan bentang 25 hingga 45 meter dan tinggi 5,1 meter serta tanaman hijau agar menyerupai habitat asli.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X