Satgas Covid-19 Minta Tenaga Medis Ikut Program "Swab Test" Gratis

Kompas.com - 22/09/2020, 18:56 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/9/2020). Dok. BNPBJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/9/2020).
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyediakan swab test atau tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mendorong para tenaga kesehatan untuk mengikuti tes ini.

"Satgas Covid-19 berkomitmen untuk memberikan perlindungan kepada para tenaga kesehatan yang menjadi garda terakhir dalam penanganan Covid-19 dan hal ini kami wujudkan dengan memberikan swab test gratis," kata Wiku dalam keterangan pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Menurut Wiku, tes usap gratis telah dilakukan mulai Selasa hari ini dan diawali di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca juga: Satgas: Kasus Covid-19 Meningkat 8,4 Persen dalam Sepekan

Wiku memastikan tes usap gratis untuk para tenaga kesehatan ini akan dilakukan di provinsi lainnya, khususnya yang masuk zona merah atau risiko tinggi penularan Covid-19.

"Oleh karena itu kami mendorong kepada tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 ini untuk ikut serta dalam program ini sehingga betul-betul dapat mendeteksi lebih dini dan mencegah potensi penyebaran lebih lanjut kepada tenaga kesehatan dan yang lainnya," kata dia.

Wiku menyebut bahwa saat ini rumah sakit menjadi klaster penularan terbanyak yang menyumbangkan angka kasus Covid-19.

Di DKI Jakarta saja setidaknya ada 24.000 pasien Covid-19 yang berasal dari klaster rumah sakit.

Oleh karena itu, tes usap secara berkala bagi seluruh tenaga kesehatan sangat penting.

Adapun data pemerintah memperlihatkan bahwa penularan virus corona masih terjadi di masyarakat hingga hari ini, Selasa (22/9/2020).

Bahkan, jumlah penambahan pasien Covid-19 masih dalam jumlah yang tinggi, di atas 4.000 kasus baru dalam sehari.

Baca juga: Mulai Pekan Depan, Dokter dan Tenaga Kesehatan Dapat Tes Swab Gratis

Berdasarkan data yang masuk pada Selasa (22/9/2020) pukul 12.00 WIB, terdapat 4.071 kasus baru Covid-19 dalam 24 terakhir. Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 252.923 orang.

Total pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh dan tidak lagi terinfeksi virus corona mencapai 184.298 orang. Sementara angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 9.837 orang. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X