Ahli Sarankan Pemerintah Terbuka jika Ada Pejabat yang Positif Covid-19

Kompas.com - 18/09/2020, 15:12 WIB
Menteri KP 2019-2024 Edhy Prabowo Dok. KKPMenteri KP 2019-2024 Edhy Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ahli epidemiologi dari Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani menyarankan pemerintah untuk lebih terbuka jika ada pejabat yang terjangkit virus corona atau Covid-19.

Menurut dia, hal itu diperlukan untuk menimbulkan rasa kepedulian masyarakat terhadap wabah Covid-19.

"Apalagi ketika masyarakat itu tahu bahwa pejabat saja bisa kena, apalagi masyarakat sendiri," kata Laura kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020) malam.

Baca juga: Diduga Tertular dari Pasien yang Datang ke Tempat Praktik, Dokter Aman Positif Covid-19 dan Meninggal

Selain itu, menurut dia, pengumuman adanya pejabat yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga bisa membuat para pejabat lainnya lebih mawas diri serta lebih berhati-hati dan menjaga dirinya dan orang lain di masa pandemi Covid-19.

"Kalau mobilitasnya tinggi ya kemudian bagaimana agar bisa melindungi juga dirinya dan orang lain," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Edhy Prabowo dikabarkan jatuh sakit sejak pekan lalu, atau setelah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Kalimantan Timur.

Dikonfirmasi Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo terinfeksi Covid-19. Teranyar, Edhy dipindahkan dari RS Polri Kramat Djati ke RSPAD Gatot Soebroto.

Juru Bicara Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga kader Gerindra, Edhy Prabowo telah sembuh dari Covid-19.

"Lima menit lalu saya sudah lakukan komunikasi via telepon dengan saudara Edhy Prabowo dan saudara Edhy Prabowo dalam kondisi merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak, dan alhmdulillah hasil swab sudah negatif," kata Dasco dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: 6 Kantor Pemprov DKI Ditutup Sementara karena Pegawai Terpapar Covid-19

Ia membenarkan Edhy sempat dirawat di ICU agar perawatannya lebih optimal. Dasco mengatakan, Edhy dalam keadaan sadar saat dirawat di ICU.

"Keadaannya sekarang baik-baik saja, memang sempat dimasukkan di ICU dengan tujuan perawatan lebih baik dan dalam keadaan sadar," kata Dasco.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X