Satgas: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi Usia Produktif

Kompas.com - 17/09/2020, 18:07 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/9/2020). Dok. BNPBJuru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (15/9/2020).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, kasus Covid-19 di Indonesia didominasi oleh usia produktif, yakni rentang usia 19-45 tahun.

"Jumlah kasus positif di Indonesia didominasi usia 19 sampai 45 tahun atau sebesar 55 persen. Ini adalah usia produktif," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (17/9/2020).

Menurut dia, kelompok usia produktif banyak yang terpapar Covid-19 karena memiliki mobilitas dan aktivitas yang cukup tinggi di luar rumah.

Frekuensi interaksi sosial kelompok ini juga tinggi.

Baca juga: Jumlah Pasien Covid-19 di RSUD Pasar Minggu Terus Naik, Mayoritas Usia Produktif

"Ini berpotensi menjadikan mereka sebagai carrier yang dapat menularkan Covid-19 kepada keluarganya, kerabatnya ataupun kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama mereka," kata Wiku.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat yang termasuk kelompok usia produktif disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19.

Kelompok ini diimbau selalu menjaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan saat bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

"Bila tiba di rumah harus betul-betul membersihkan diri sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan," ucapnya.

Baca juga: Usia Produktif Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Jakarta

Selain itu, dia mengingatkan masyarakat usia produktif menjaga stamina tubuh agar tidak rentan terpapar Covid-19. Misalnya, dengan berolahraga hingga mengonsumsi vitamin.

"Penting untuk menjaga stamina tubuh, tidak lengah saat menjalani kegiatan di luar rumah dan selalu menjaga anggota keluarga terutama usia rentan agar tidak tertular," kata Wiku.

Sampai Kamis (17/9/2020) hari ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kembali bertambah.

Berdasarkan data pada Kamis pukul 12.00 WIB ini, diketahui ada 3.635 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan itu menyebabkan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 232.628 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama terinfeksi virus corona pada 2 Maret 2020. Total pasien yang sembuh dari Covid-19 mencapai 166.686 orang. Sementara total yang meninggal dunia sebesar 9.222 orang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X