Satgas: Tower 4 Disiapkan, Tower 5 Wisma Atlet Sudah Beroperasi Rawat Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Kompas.com - 16/09/2020, 17:58 WIB
Penulis Irfan Kamil
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, sedang merancang tower 4 dan 5 wisma atlet agar bisa difungsikan untuk menangani pasien Covid-19.

“Kita rancang tower 4 dan 5 yang selama beberapa bulan terakhir ini belum difungsikan, mulai kita aktifkan,” kata Doni dalam diskusi virtual bertajuk Arah Kebijakan Penanganan Pandemi Covid-19, Rabu (16/9/2020).

Doni mengatakan, saat ini tower 4 belum bisa di fungsikan, sedangkan tower 5 sudah mulai beroperasi.

Baca juga: Doni Monardo: Tower 4 dan 5 Wisma Atlet Siap Tampung Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

“Tower 5 sudah masuk mulai dari tanggal (12/9/2020) malam, sampai dengan tadi pagi saya mendapat laporan ada pasien baru yang otg (orang tanpa gejala) jumlahnya 651 orang,” ujar Doni.

Doni menambahkan, saat ini wisma atlet masih memiliki tower 6 dan tower 7 yang bisa digunakan dengan jumlah lebih dari 1.300 bed.

Selain itu, ada tower 8 dan 9 khusus untuk menerima warga negara Indonesia yang kembali dari beberapa negara, dan sudah puluhan ribu yang kembali.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Doni menuturkan, agar tidak ada lagi masyarakat yang dirawat di rumah masing-masing.

“Terutama rumah yang tidak layak untuk isolasi mandiri, secara medis tidak memenuhi persyaratan seperti tidak bisa jaga jarak,” tutur Doni

“Oleh karenanya pemerintah telah bekerja sama dengan asosiasi perhotelan Indonesia, kemudian juga dengan unsur-unsur negara termasuk TNI-Polri dengan delapan provinsi yang memerlukan rumah sakit dan hotel bintang 2 dan bintang 3 untuk melayani masyarakat kita yang punya status positif covid namun tanpa gejala,” kata dia.

Baca juga: Jokowi: RS Darurat Wisma Atlet Masih Kosong...

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet masih memiliki kapasitas yang cukup.

"Untuk flat isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran juga masih tersedia kapasitas 4.863, ini di Tower 4 dan Tower 5," kata Jokowi, Senin (14/9/2020).

Ia juga menegaskan bahwa pemerintah terus berupaya memperbanyak fasilitas isolasi di daerah-daerah lainnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.