Kompas.com - 14/09/2020, 11:32 WIB
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat berada di rumah.

Sebab, menurut Doni, semua orang berpotensi terpapar Covid-19, termasuk mereka yang hanya berada di rumah.

"Ketika ternyata ada salah satu keluarga kita yang kena Covid, penyebabnya sudah pasti adalah di antara anggota keluarga yang beraktivitas di luar tanpa diketahui (sudah terpapar), lantas akhirnya menulari keluarga di rumah," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu melalui video telekonferensi, Minggu (13/9/2020).

Baca juga: Wakil Wali Kota Tegal Sebut Sekolah yang Siswinya Positif Covid-19 Belum Kantongi Izin Belajar Tatap Muka

Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 944 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, sebanyak 7 persen di antaranya tidak pernah keluar rumah.

Doni pun mewanti-wanti perihal penyebaran dari orang tanpa gejala (OTG) atau mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetapi tidak bergejala.

OTG, katanya, dapat tanpa sadar menularkan virus corona kepada orang lain, termasuk kelompok rentan yang berada di rumah.

Kelompok rentan yang dimaksudnya yaitu, lansia dan penderita penyakit bawaan seperti diabetes, hipertensi, kanker, penyakit ginjal, paru-paru, serta jantung.

Doni menilai, berdasarkan data dan fakta yang dimilikinya, OTG berpotensi menjadi silent killer.

"Ini yang berbahaya, mereka yang tanpa gejala kalau mereka pulang ke rumah, mereka bisa menjadi silent killer atau pembunuh potensial," tuturnya.

Baca juga: Pemprov DKI Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

Maka dari itu, Doni mengingatkan agar mereka yang sering beraktivitas di luar rumah tetap menjaga jarak dengan anggota keluarga lainnya.

"Di keluarga, tetap harus meningkatkan kewaspadaan, tidak boleh lengah, mereka yang sering keluar masuk rumah, bertemu orang-orang di luar harus mengikuti protokol kesehatan untuk mencuci tangan, tetap menbesihkan badan dulu," ujar Doni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.