Kompas.com - 11/09/2020, 16:11 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2020). Dok. Divisi Humas PolriWakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (11/9/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Polri Komjen (Pol) Gatot Eddy Pramono, Jumat (11/9/2020), meninjau penerapan protokol kesehatan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hasil peninjauan menunjukkan masih ada yang belum menggunakan masker. Namun, Gatot menuturkan, penertiban sudah dilakukan.

"Hampir masyarakat sudah menggunakan masker, hanya beberapa orang sajalah (yang belum menggunakan masker) dan itu bisa ditertibkan," kata Gatot.

Selain itu, ia menilai telah ada aturan yang ketat di stasiun tersebut.

Baca juga: Jakarta PSBB Total, Bandara Akan Perketat Protokol Kesehatan

Misalnya, pembatasan jarak fisik dalam antrean, pembatasan jumlah penumpang serta penerapan protokol kesehatan dalam kereta.

Kegiatan peninjauan tersebut masih berkaitan dengan Operasi Yustisi dengan sasaran masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Operasi Yustisi dilakukan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang kian masif.

Gatot menambahkan bahwa salah satu langkah dalam operasi tersebut adalah membentuk penegak disiplin internal atau berbasis komunitas.

Baca juga: Bagi Sejuta Masker, Wali Kota Madiun Klaim Kotanya Terendah Penularan Covid-19 di Jawa Timur

Penegak disiplin berbasis komunitas itu akan dibantu oleh Polri, TNI, dan Satpol PP.

Tidak hanya di Stasiun Tanah Abang, penegak disiplin internal itu akan dibentuk di daerah yang rawan terjadi penyebaran Covid-19.

Harapannya, pendisiplinan protokol kesehatan dapat berlangsung selama 24 jam.

"Kalau kita mengandalkan penegak disiplin Polri, TNI dan Satpol PP yang bergerak, mungkin ketika tim ini datang, tertib, tapi setelah itu berubah lagi," ucap Gatot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.