Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Singgung Prestasi Olahraga Indonesia yang Kurang Berhasil

Kompas.com - 09/09/2020, 22:40 WIB
Rakhmat Nur Hakim,
Kristian Erdianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyinggung soal prestasi olahraga Indonesia saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Menurut Jokowi, prestasi Indonesia di bidang olahraga masih kurang memuaskan sehingga perlu ditingkatkan.

"Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang berhasil itu artinya cara-cara yang selama ini kita lakukan mungkin tidak tepat, mungkin kurang tepat," kata Jokowi, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (9/9/2020).

Baca juga: Jokowi Ingin Pandemi Covid-19 Jadi Kesempatan Merancang Ulang Sistem Olahraga Nasional

Jokowi pun meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) merombak total manajemen pengelolaan cabang olahraga.

Ia juga meminta manajemen pembinaan dan pendidikan atlet diperbaiki dan disinergikan antarorganisasi yang ada di dalam cabang olahraga.

Kemudian, pengembangan sistem pembinaan atlet dilakukan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga hasilnya terukur.

Baca juga: Jokowi Minta Sport Tourism Dikembangkan setelah Pandemi Covid-19 Usai

"Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru juga harus kita lakukan. Bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan yang berbasis sains, tetapi juga pengembangan manajemen baru yang lebih baik," ujar Jokowi.

"Kembangkan sistem informasi dan big data analytics yang bisa mendeteksi calon-calon atlet yang berkualitas," lanjut Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com