Ini Kampanye Nasional yang Dilakukan Kemenkes demi Cegah Covid-19

Kompas.com - 04/09/2020, 10:53 WIB
Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari dalam konferensi pers di kantor Kemenkes RI, Kumingan, Jakarta, Jumat (18/1/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraDirektur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kirana Pritasari dalam konferensi pers di kantor Kemenkes RI, Kumingan, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kirana Pritasari mengatakan, kampanye nasional untuk mencegah penyebaran Covid-19 dibutuhkan agar masyarakat semakin paham pencegahan penularan virus corona.

"Kita bisa menjaga masyarakat agar bisa menjadi benteng pertahanan utama untuk melakukan pencegahan dari penyebaran Covid-19 ini," kata Kirana dalam kampanye nasional disiplin memakai masker, Jumat (4/9/2020).

"Penggunaan masker menjadi pesan pertama yang disampaikan kepada masyarakat dan kami mengharapkan secara nasional ini terus dilakukan," lanjut dia.

Baca juga: Tempat Wisata Pacitan Sudah Buka, Wisatawan Sering Lupa Pakai Masker

Kirana mengatakan, pemakaian masker adalah salah satu upaya penting yang harus lakukan saat pandemi.

"Karena droplet menjadi sarana penyebaran Covid-19, maka penggunaan masker kepada semua individu, baik itu untuk bekerja, untuk bersosialisasi, untuk beraktivitas di luar rumah, terus harus digunakan," kata dia.

Selain itu, mencuci tangan pakai sabun akan menjadi tahap kedua dalam gerakan nasional kampanye tersebut.

"Mencuci tangan pakai sabun akan merusak sel dari virus itu, sehingga dia akan tidak lagi menjadi infeksius. Jadi ini yang kita harus sampaikan, cuci tangan tidak hanya akan menghindarkan dari penyakit-penyakit diare, tetapi juga untuk Covid-19 ini," ucap Kirana.

Baca juga: Enam Bulan Pandemi Covid-19: Sulitnya Mengubah Perilaku Masyarakat...

Menurut Kirana, pesan yang sering disampaikan untuk cuci tangan itu adalah setelah buang air besar.

Namun, karena masyarakat memegang permukaan-permukaan yang mudah terkontaminasi virus, maka mencuci tangan adalah hal yang penting dilakukan.

"Kita berpindah ke tempat yang lain, kemudian beraktivitas, harus cuci tangan, ini pesan kedua yang nanti akan disampaikan pada saat melakukan kampanye," tutur dia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X