Lewat Telepon, Jokowi dan Xi Jinping Bahas Kerja Sama Perjalanan Bisnis dan Kedinasan

Kompas.com - 01/09/2020, 16:45 WIB
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela acara KTT G20 pada Jumat (28/6/2019) malam. Biro pers setpresPresiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela acara KTT G20 pada Jumat (28/6/2019) malam.
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membahas kerja sama ekonomi di tengah pandemi Covid-19 dengan Presiden China Xi Jinping lewat sambungan telepon pada Senin (31/8/2020) malam.

Hal itu diungkapkan Jokowi di akun resmi Facebook miliknya, Selasa (1/9/2020).

"Semalam, saya berbicara melalui sambungan telepon dengan Presiden RRT Xi Jinping dan menyampaikan ucapan selamat, serta harapan agar hubungan dan kerja sama kedua negara semakin kuat dan saling menguntungkan," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Harapkan Kerja Sama dengan China Lebih Kuat dan Menguntungkan

"Kerja sama ekonomi antara kedua negara tidak boleh terhenti sama sekali meskipun dalam kondisi pandemi. Salah satunya ialah terkait pengaturan travel corridor antarkedua negara. Pengaturan ini untuk memudahkan perjalanan bisnis esensial dan kunjungan kedinasan yang mendesak, tentunya dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat," lanjut Jokowi.

Jokowi menambahkan Indonesia dan China sudah menjalin hubungan bilateral selama 70 tahun.

Ia pun mengatakan beberapa waktu lalu, Menteri Luar Negeri dan Menteri BUMN berkunjung ke China untuk membahas kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi.

"Saya apresiasi dukungan pemerintah Tiongkok dalam upaya penguatan kerja sama kesehatan yang strategis, termasuk co-production dan penyediaan vaksin Covid-19," lanjut Jokowi.

Sebelumnya diberitakan Presiden China Xi Jinping menghubungi Presiden Joko Widodo untuk membahas penanganan pandemi Covid-19 pada Senin (31/8/2020).

Dilansir dari Xinhua, Selasa (1/9/2020), Xi meyakini bahwa Indonesia dapat mengatasi persoalan pandemi tersebut.

Xi pun menegaskan bahwa China akan terus memberikan dukungan dan bantuan material serta teknis yang dibutuhkan Indonesia dalam pengendalian Covid-19, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X