Kompas.com - 28/08/2020, 19:36 WIB


KOMPAS.com - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara mengatakan, kerja sama Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Tanoto Foundation patut didorong untuk tingkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara kesejahteraan sosial (kesos).

"Tanpa keberanian melakukan inovasi dan terobosan kebijakan dan kerja sama, harapan untuk menurunkan angka stunting di Indonesia bakal sulit terwujud," jelas Juliari saat menghadiri pertemuan penanganan stunting, Jumat (28/08/2020).

Juliari menambahkan, pertemuan tersebut dilaksanakan untuk membahas rancangan dan desain serta model pelatihan yang efisien, efektif dan dapat menyasar semua SDM kesos.

Dikesempatan yang sama Kepala Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial (BP3S) Syahabuddin menyampaikan, akan menyusun materi ataupun modul pelatihan pencegahan stunting, yang nantinya dapat diberikan dan disampaikan kepada semua SDM Kesos.

Baca juga: Gelar Rapat Konsolidasi, Kemensos Bahas Permasalahan Teknis Penyaluran Bansos

"Kami akan terus gali potensi SDM Kesos yang ada melalui bimbingan teknik (bimtek) maupun pelatihan secara khusus, sehingga mereka dapat memahami serta melakukan upaya pencegahan dan penurunan stunting," ungkap Syahabuddin.

Sebagai informasi, SDM Kesos terdiri dari pekerja sosial, penyuluh sosial, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT).

Menurut Syahabuddin, melalui kerja sama ini, Tanoto Foundation akan menyediakan dukungan berupa peningkatan kapasitas peninjauan modul pelatihan Pendamping Sosial PKH, serta program training for trainers dalam skala nasional.

"Dukungan tersebut akan berdampak kepada peningkatan kapasitas sekitar 40 ribu orang Pendamping Sosial PKH yang ada saat ini," tuturnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.