Menlu Retno: Australia Komitmen Bantu Pengadaan 100 Ventilator

Kompas.com - 27/08/2020, 20:28 WIB
Menlu Retno LP Marsudi KemluMenlu Retno LP Marsudi
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri ( Menlu) Retno Marsudi melakukan perbincangan lewat telepon dengan Menlu Australia Marise Payne.

Dalam perbincangan itu, Retno membahas kerja sama kesehatan, rencana pertemuan trilateral Menlu Indonesia, Australia dan India.

Serta rencana pertemuan Menlu serta Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia dan Menlu serta Menhan Australia.

Baca juga: Kabar Baik, Indonesia Akan Kebagian Jatah Vaksin Corona dari Australia

"Mengenai kerja sama kesehatan, sebagaimana teman ketahui, Australia telah berkomitmen memberikan dukungan ventilator sebanyak 100 unit. Seluruh unit ventilator telah diterima," kata Retno melalui telekonferensi, Kamis (28/8/2020).

"Sementara peralatan pelengkapnya menurut rencana akan tiba bulan September," lanjut dia.

Selain itu, kata Retno, Australia ingin memperkuat kerja sama antara lembaga penelitian seperti dengan Eijkman Institute untuk peningkatan kapasitas termasuk di bidang vaksin.

Keinginan Australia tersebut juga akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan dengan Eijkman Institute.

Baca juga: Maskapai Australia Qantas Catat Rekor Kerugian Rp 28,9 Triliun

Kemudian terkait rencana pertemuan trilateral, lanjut Retno akan membahas isu internasional, kerja sama penanganan Covid-19 serta dampak sosial ekonominya.

Sementara terkait pertemuan antar Menlu dan Menhan Indonesia-Australia, nantinya akan tuan rumahi oleh Australia.

"Kita masih melihat perkembangan Covid-19 dan akan menentukan waktu dan tempat pertemuan pada kesempatan pertama," ujar Retno.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X