Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Wapres: Peran BUMD Diperlukan

Kompas.com - 27/08/2020, 18:22 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin saat membuka seminar nasional Mahkamah Agung secara virtual, Rabu (26/8/2020). Dok. KIP/SetwapresWakil Presiden Maruf Amin saat membuka seminar nasional Mahkamah Agung secara virtual, Rabu (26/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, peran badan usaha milik daerah ( BUMD) pada masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan.

Menurut dia, BUMD berperan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Peran BUMD di masa sulit ini diperlukan untuk mendukung program dan kebijakan pemerintah terutama program-program pemulihan ekonomi nasional," kata Wapres Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Top BUMD Awards yang digelar Majalah Top Business secara virtual, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Wapres Minta BUMD Respons Cepat dan Tangkap Peluang Inovasi Saat Pandemi Covid-19

Apalagi, dalam rangka menangani dampak pandemi Covid-19 baik dari segi kesehatan maupun sosial-ekonomi, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 695,20 triliun.

Termasuk pembentukkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk meningkatkan koordinasi dan pelaksanaan kebijakan dalam menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Oleh karena itu, Wapres Ma'ruf Amin pun meminta para kepala daerah terus membina dan mengarahkan BUMD agar meningkatkan kinerja dan layanannya.

"Terutama untuk membangun daerahnya," kata dia.

Baca juga: Wagub Sumut Minta Kontribusi OPD dan BUMD Jangan Sesuka Hati

Wapres Ma'ruf Amin juga berharap penghargaan TOP BUMD Awards 2020 dapat meningkatkan sinergitas antar BUMD bahkan dengan BUMN.

Sinergitas tersebut, kata dia, diharapkan mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah dan perekonomian nasional.

Adapun beberapa BUMD di Indonesia mendapat penghargaan TOP BUMD level bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2020.

BUMD tersebut antara lain Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau, PDAM Tirta Segah (Batiwakkal) Kabupaten Berau, dan PDAM Kab Nunukan.

Baca juga: Upaya BUMD Kulon Progo Produsen Air Minum Kemasan untuk Bertahan di Masa Pandemi

Kemudian Bank BJB Tbk, Bank Jatim Tbk, PT MRT Jakarta (Perseroda), BPR Bank Sleman, BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, dan BPR Batola Kabupaten Barito Kuala.

Selanjutnya BUMD terbaik yang berhasil memberikan kontribusi tinggi terhadap pembangunan di daerahnya seperti PT Mahakam Gerbang Raja Migas dan PT Migas Mandiri Pratama Kaltim.

Termasuk beberapa BUMD yang banyak melakukan perbaikan, yakni PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PDAM Kota Gorontalo dan masih banyak lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X