Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir dan Retno Marsudi Bertemu Pemerintah China Bahas Penanganan Covid-19, Termasuk Vaksin

Kompas.com - 20/08/2020, 18:18 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Erick Thohir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Pemerintah China membahas penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pertemuan tersebut salah satunya membahas soal vaksin Covid-19.

"Saat ini Ketua Pelaksana Komite, Bapak Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir bersama Ibu Menteri Luar Negeri sedang melakukan pertemuan dengan Pemerintah China untuk membahas hubungan bilateral dalam penguatan penanganan Covid-19 ini salah satunya pembicaraan tentang vaksin," kata Wiku dalam konferensi pers, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: UPDATE 20 Agustus: Tambah 595 Pasien Covid-19 di Jakarta

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas terkait kontribusi alat kesehatan yang menjadi target penguatan hubungan bilateral antara Indonesia dan China.

Wiku pun optimistis upaya mencari pengobatan dan perlindungan dengan vaksin, ditambah kampanye perubahan perilaku dapat meningkatkan ketahanan kesehatan masyarakat Indonesia.

"Melihat perkembangan yang ada dengan saat ini di berbagai daerah di Indoensia, kita punya peluang untuk memperkuat ketahanan kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia," ujar Wiku.

Baca juga: Satgas: 46 Kabupaten/Kota Catat Kasus Aktif Covid-19 di Bawah 10 Persen

Seperti diketahui, Indonesia tengah menjalin kerja sama dengan China dalam pengembangan vaksin Covid-19.

"Upaya untuk mengembangkan vaksin juga melalui kerja sama bilateral dengan pemerintah China melalui perusahaan Sinovac (Biotech)," kata Wiku saat menyampaikan keterangan pers di hadapan media luar negeri di kanal youtube Sekretariat Presiden, Kamis (11/6/2020) lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.