Kompas.com - 18/08/2020, 21:33 WIB
Ilustrasi belajar dari rumah DOK. PEXELSIlustrasi belajar dari rumah
Penulis Irfan Kamil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperlihatkan, 70 persen responden memiliki anggota keluarga yang masih sekolah atau kuliah.

Di antara mereka, mayoritas merasa berat membiayai belajar online. Rinciannya, 17 persen responden merasa sangat berat dan 50 persen merasa cukup berat.

"Mayoritas atau 67 persen merasa sangat atau cukup berat membiayai sekolah online ya," kata Manajer Kebijakan Publik SMRC Tati D Wardi saat pemaparan hasil survei, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Survei SMRC: Belum Semua Warga Miliki Akses Internet untuk Belajar Online

Lebih lanjut Tati mengatakan, 47 persen di antara mereka mengeluarkan biaya internet lebih dari Rp 100.000 per bulan untuk belajar online.

Disisi lain, belum semua pelajar/mahasiswa memiliki akses internet untuk belajar online.

Tati menyebut, ada 24 persen warga yang tidak memiliki akses internet.

"Belum semua warga memiliki akses internet, yang memiliki akses internet sekitar 76 persen, dan yang tidak memiliki akses internet sekitar 24 persen," kata Tati.

Mereka yang memiliki akses internet menggunakan berbagai macam perangkat, mulai dari ponsel pintar, laptop, dan komputer.

Responden yang menggunakan ponsel pintar ada 95,1 persen, sedangkan responden yang menggunakan laptop sebesar 25,5 persen.

Sementara itu, responden yang mengakses internet dengan menggunakan komputer yakni 3,8 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X