Azwar Anas: Pemimpin Ideal Itu yang Mendengarkan Aspirasi Rakyat

Kompas.com - 15/08/2020, 17:37 WIB
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menjadi pembicara dalam kegiatan vote festival di Universitas Jember KOMPAS.com/Dokumentasi Humas Universitas Jember Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menjadi pembicara dalam kegiatan vote festival di Universitas Jember
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menilai, sosok pemimpin ideal adalah yang selalu mendengarkan aspirasi rakyat.

Azwar mengatakan hal itu saat menjadi pembicara dalam webinar Politik Fest yang diselenggarakan KG Media, Sabtu (15/8/2020).

"Yang ideal adalah yang mendengarkan aspirasi rakyat, dan bisa mengambil keputusan, kemudian dilaksanakan untuk bisa memenuhi aspirasi masyarakat," kata Anas.

Selain itu, lanjut dia, pemimpin yang ideal juga harus bisa menentukan skala prioritas. Sebab, menurut Anas, setiap hal memiliki batasan yang berbeda-beda.

"Ada anggaran terbatas, jabatan terbatas, dan kewenangan yang terbatas," ujarnya.

Baca juga: Jusuf Kalla: Pemimpin Tak Dilahirkan, tetapi Dibentuk...

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie juga mengamini ucapan Anas.

Namun, ia menambahkan bahwa akan lebih baik jika seorang pemimpin ideal memiliki prioritas terhadap isu intoleransi.

"Akan menjadi sangat ideal kalau pemimpin Indonesia nantinya juga punya menempatkan ini dalam daftar prioritasnya untuk kembali meneguhkan merekatkan tenun kebangsaan kita," kata Grace Natalie.

Sebagai informasi, KG Media menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 dengan menginisiasi sebuah gerakan bertajuk Kolase Indonesia.

Gerakan tersebut merupakan wadah untuk menyalurkan semangat positif serta ajakan bagi seluruh anak bangsa untuk bersama-sama, bergotong royong agar terus pantang menyerah, terlebih dalam melewati masa pandemi akibat Covid-19 ini.

Kolase Indonesia terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yakni, Karaoke Nasional, PolitikFest, dan program spesial bertema 'Indonesia Seru di Kebiasaan Baru'.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X