Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPR, MPR, dan DPD Hadiri Geladi Bersih Sidang Tahunan

Kompas.com - 13/08/2020, 15:58 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR Puan Maharani menghadiri geladi bersih Sidang Tahunan MPR 2020 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Pantauan Kompas.com melalui siaran langsung TV Parlemen, Puan didampingi Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar dan Ketua Fraksi PDI-P Utut Adianto.

Puan mengenakan kemeja garis-garis dan mengenakan masker berwarna merah langsung berjalan menuju ruang sidang tahunan di lantai 3, Gedung Nusantara DPR.

Adapun di dalam ruang sidang telah hadir Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Arsul Sani, dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Baca juga: Presiden, Pimpinan MPR dan DPR Wajib Swab Test Sebelum Ikuti Sidang Tahunan

Dalam geladi bersih, Puan, Bambang, dan La Nyalla memastikan bahwa Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR dan DPD, serta pidato kenegaraan Presiden Jokowi dilakukan sesuai dengan susunan acara.

Bambang mempertanyakan saat membuka Sidang Tahunan, apa harus menggunakan masker atau melepaskan terlebih dahulu.

"Saat membuka sidang pakai masker atau dilepas dulu?" kata Bambang.

"Boleh dilepas, nanti dipakai lagi," jawab salah seorang petugas MPR.

Kemudian, Puan, Bambang, dan La Nyalla memperhatikan para petugas peraga Sidang Tahunan MPR dalam melaksanakan seluruh susunan acara, mulai dari menyambut kedatangan presiden dan wakil presiden, foto bersama, dan membuka Sidang Tahunan MPR.

Baca juga: Sidang Tahunan MPR, Kehadiran Fisik Pejabat Publik Dibatasi

Lalu, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD, pidato kenegaraan Presiden Jokowi, pembacaan doa, dan penutupan sidang oleh Ketua DPR.

Diberitakan sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Tahunan Tahun 2020 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Jumat (14/8/2020).

Agenda Sidang Tahunan ini digelar bersamaan dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021.

"Acara dimulai pada pukul 09.00 pagi dan akan selesai pada pukul 10.45 WIB, durasinya sekitar pukul 11.00 sudah selesai," kata Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar saat dihubungi, Kamis (13/8/2020).

"Lalu, siangnya dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021, mulai jam 14.00 sampai jam 16.00," ujar dia.

Baca juga: Protokol Kesehatan akan Diterapkan pada Sidang Tahunan MPR 14 Agustus

Namun, sidang kali ini berbeda dengan sebelumnya akibat digelar pada saat pandemi Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com