Kompas.com - 28/07/2020, 12:04 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar mengatakan, nilai-nilai integritas dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) harus terus dijaga.

"Kita mulai sejak peserta didik itu masuk dalam satuan pendidikan dasar hingga dia mengenyam pada pendidikan di perguruan tinggi, maka dari itu kemudian, nilai-nilai integritas dalam proses penerimaan peserta didik baru, atau PPDB ini perlu juga dijaga nilai-nilainya," kata Lili dalam acara diskusi online bertajuk "Menjaga Integritas dalam Implementasi Kebijakan PPDB", Selasa (28/7/2020).

Lili menyampaikan, tujuan dari PPDB yakni menjamin proses penerimaan peserta didik berjalan objektif, akuntabel, transparan dan berkeadilan tanpa adanya diskriminasi.

Baca juga: Lurah yang Mengamuk Gara-gara Siswa Titipannya Gagal PPDB Masih Jadi ASN Aktif

Dengan demikian, ia berharap ada akses layanan pendidikan dengan kualitas guru atau murid yang berintegritas.

"Diharapkan mempunyai nilai-nilai yang berintegritas dengan cara-cara yang berintegritas tentunya," ujar dia. 

Lili mengatakan, KPK juga mengedepankan pendidikan dalam proses pencegahan korupsi.

Baca juga: PPDB Tingkat SD di Bekasi Sisakan 4.146 Kursi Kosong

Menurut dia, pendidikan sangat penting untuk menimbulkan rasa tidak ingin melakukan perilaku koruptif.

"Dan kemudian diharapkam bahwa setelah tidak ada keinginan di seluruh masyarakat. Seluruh elemen untuk melakukan praktik-praktik koruptif tersebut kita melakukan pencegahan dengan melakukan perbaikan pada sistem," ujar dia. 

"Perbaikan pada sistem yang kita harapkan bisa menjadi penutup lubang-lubang untuk melakukan tindak pidana tersebut," kata Lili. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.