Pemerintah Jamin Kesehatan Relawan Vaksin Covid-19

Kompas.com - 24/07/2020, 21:30 WIB
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayJuru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan pemerintah menjamin kesehatan para relawan dalam uji coba vaksin Covid-19.

"Tentang usia, jaminan kesehatan, semuanya akan dilindungi pemerintah. Nanti akan kami update apabila keadaan sudah semakin jelas," kata Wiku dalam konferensi pers melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (24/7/2020).

Saat ini, tim pemerintah melalui perusahaan medis pelat merah, Bio Farma, beserta tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) dan tengah mempersiapkan proses uji coba vaksin Covid-19.

Baca juga: Pentingnya Indonesia Memiliki Vaksin Covid-19 Buatan Sendiri

Hal itu meliputi penentuan orang yang diperbolehkan menjadi relawan hingga penetapan jangka waktu uji coba vaksin Covid-19.

"Berapa lama (uji cobanya), proses ini sedang dibahas oleh FK Unpad, dalam konteks kerja sama antara Sinovac dan Bio Farma. Berapa lama tentunya terkait dengan jumlah relawan yang akan direkrut," lanjut dia.

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd telah sampai di Indonesia pada Minggu (19/7/2020).

Vaksin dari perusahaan asal China itu pun telah diserahkan ke PT Bio Farma untuk diuji klinis.

"Betul, sudah sampai pada hari Minggu. Sudah diserahkan ke Bio Farma," ujar Faizasyah ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Baca juga: WHO Tegaskan Vaksin Covid-19 Tak Akan Tersedia Tahun Ini, Apa yang Bisa Dilakukan?

Dalam hal ini, Kemenlu hanya memfasilitasi pengiriman vaksin dari China ke Indonesia.

Untuk mengembangkan vaksin Covid-19 ini, Indonesia bekerja sama dengan China lewat kerja sama internasional.

"Strategi jangka pendek memang untuk memastikan akses ke vaksin manakala sudah siap diproduksi dan ini dilakukan melalui kerja sama internasional," tutur Faizasyah.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X