Kompas.com - 18/07/2020, 20:40 WIB
Acara peresmian Monumen Soekarno yang didirikan di kota Aljir, Aljazair, Sabtu (18/7/2020). Dok. DPR RIAcara peresmian Monumen Soekarno yang didirikan di kota Aljir, Aljazair, Sabtu (18/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Monumen Soekarno di Kota Aljir, Aljazair, secara virtual, Sabtu (18/7/2020).

Puan berharap, keberadaan monumen Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno di kota Aljir, Aljazair dapat mempererat hubungan kedua negara maupun negara lain di kawasan Afrika lainnya.

“Saya berharap Monumen Soekarno ini menjadi pengingat bagi kita semua atas kuatnya semangat dan persahabatan yang dimiliki Indonesia dengan Aljazair di sepanjang sejarah kedua negara kita,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/7/2020).

Baca juga: Utus Lima Menteri Kirim Draf RUU BPIP ke DPR, Komunikasi Pemerintah Tuai Kritik

Puan mengatakan, sejarah Indonesia dan Aljazair tak bisa dilepaskan dari sosok Bung Karno yang sejak awal mendukung kemerdekaan Aljazair, hingga negara di kawasan Maghribi itu merdeka pada tahun 1962.

“Pada tahun 1955 di Bandung, Presiden Soekarno mengundang delegasi kelompok perjuangan kemerdekaan Aljazair untuk turut berpartisipasi dalam Konferensi Asia-Afrika. Saat itu, Indonesia sebagai negara baru berumur 10 tahun dan Aljazair masih memperjuangkan kemerdekaannya," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Puan mengatakan, nama Soekarno sangat terkenal di Aljazair karena dianggap berjasa menyokong kemerdekaan negara tersebut.

Oleh karenanya, ia berharap, sejarah masa lalu bisa menjadi modal untuk menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi kedua negara kita, juga bagi dunia.

Baca juga: Puan Maharani: Selama Masa Sidang IV, DPR Tuntaskan 3 RUU

Selain itu, Puan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah People’s Democratic Republic of Algeria dan Pemerintah Provinsi Aljir atas sambutan hangat dan bantuannya dalam pendirian Monumen Soekarno.

Tak hanya itu, Puan juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah mendesain Monumen Soekarno tersebut.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ridwan Kamil yang telah merancang taman tempat patung Soekarno didirikan," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.