Jokowi Minta Menteri PUPR Segera Pulihkan Kondisi Masamba

Kompas.com - 17/07/2020, 13:35 WIB
RATAS PENANGANGAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 SIGID KURNIAWANRATAS PENANGANGAN DAMPAK PANDEMI COVID-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono segera menangani kerusakan akibat banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Kepala Negara meminta agar kondisi di Masamba segera dipulihkan.

"Dari Jakarta, saya telah memerintahkan Menteri PUPR untuk segera turun ke Luwu Utara bekerja sama dengan Pemerintah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas dan BPBD setempat, melakukan upaya penanganan darurat, dan segera memulihkan kondisi Masamba," tulis Presiden Jokowi melalui akun Instagram-nya @jokowi, Jumat (17/7/2020).

Baca juga: 2 Faktor Meteorologis Penyebab Banjir Bandang Masamba Luwu Utara

Presiden Jokowi mengatakan, curah hujan yang tinggi pada Senin, 13 Juli lalu menyebabkan banjir bandang dari hulu sungai ke Kecamatan Masamba.

Banjir bandang tersebut membuat sebagian kawasan kota di kecamatan itu tertutup lumpur pasir.

"(Banjir bandang) menimbulkan kerusakan rumah-rumah dan bangunan publik," kata dia.

Baca juga: 14.483 Orang Mengungsi dan 24 Jiwa Meninggal Akibat Banjir Masamba

Kepala Negara juga sekaligus menyampaikan duka cita yang mendalam kepada warga yang meninggal dunia akibat banjir bandang tersebut.

Diketahui, total ada 32 korban jiwa akibat banjir bandang di Masamba.

"Saya menyampaikan duka cita yang dalam atas jatuhnya korban jiwa dalam bencana ini, dan kepada keluarga-keluarga yang ditinggalkan, kiranya diberi-Nya kesabaran dan kekuatan," ucap Presiden Jokowi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X