UPDATE: Berkurang 2, RSKI Pulau Galang Rawat 18 Pasien Positif Covid-19

Kompas.com - 17/07/2020, 09:50 WIB
Operasi Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan virus corona atau covid-19 di Pulau Galang atau tepatnya di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali molor, dari yang sebelumnya ditargetkan tanggal 30 Maret 2020 akan tetapi baru tanggal 6 April 2020 mendatang baru bisa operasikan. Hal ini diketahui setelah Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan RS Darurat Corona di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020) siang kemarin. KOMPAS.COM/HADI MAULANAOperasi Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan virus corona atau covid-19 di Pulau Galang atau tepatnya di Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) kembali molor, dari yang sebelumnya ditargetkan tanggal 30 Maret 2020 akan tetapi baru tanggal 6 April 2020 mendatang baru bisa operasikan. Hal ini diketahui setelah Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan RS Darurat Corona di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020) siang kemarin.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau, tengah merawat 18 pasien positif Covid-19.

"Positif Covid-19, 18 orang," ujar Perwira Penerangan Komando gabungan wilayah pertahanan (Kogabwilhan) I, Kolonel Marinir Aris Mudian, Jumat (17/7/2020).

Berdasarkan data Kogabwilhan I hingga pukul 08.00 WIB, Jumat (17/7/2020), secara keseluruhan terdapat 62 pasien yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit dadakan tersebut.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas Minta RS Tak Campur Suspek dengan Pasien Positif Covid-19

Adapun keseluruhan pasien tersebut terdiri dari 37 pria dan 25 wanita.

Selain pasien positif Covid-19, juga terdapat 38 pasien yang berstatus pasien kontak erat dan pasien suspek sebanyak enam orang.

Secara lebih rinci, jumlah pasien yang menjalani rawat inap bertambah satu orang dari sehari sebelumnya, Kamis (16/7/2020), yakni dari 61 orang menjadi 62 orang.

Sementara, pasien positif Covid-19 berkurang dua orang, dari 20 orang menjadi 18 orang.

Kemudian pasien suspek berkurang dua orang, dari delapan orang menjadi enam orang. Sedangkan, pasien kontak erat bertambah lima orang, semula 33 orang menjadi 38 orang.

Baca juga: UPDATE 17 Juli: Tambah 24, RSD Wisma Atlet Tangani 1.267 Pasien Positif Covid-19


Pemerintah mulai membangun RSKI Pulau Galang sendiri pada 8 Maret 2020 yang diperuntukan bagi pasien virus corona.

Pemerintah secara resmi mengoperasikan RSKI Pulau Galang pada 6 April 2020

Adapun fasilitas rumah sakit tersebut terbagi menjadi tiga zonasi.

Pertama, Zona A yang meliputi gedung penunjang yang terdiri dari mess petugas, dokter dan perawat, gedung sterilisasi, gedung farmasi, gedung gizi, laundry, gudang dan power house.

Baca juga: Kepala Gugus Tugas: Covid-19 Bukan Rekayasa, Bukan Konspirasi

Kemudian, Zona B meliputi fasilitas penampungan dan fasilitas pendukung yang terdiri dari ruang isolasi, ruang observasi, laboratorium, ruang sterilisasi, GWT, central gas medik, instalasi jenazah, landasan helikopter, dan zona utilitas.

Terakhir, Zona C yang peruntukan untuk tahap berikutnya dengan memanfaatkan cadangan lahan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X