Gugus Tugas: Daya Tahan Tubuh Berperan Penting untuk Kalahkan Penyakit Covid-19

Kompas.com - 15/07/2020, 12:05 WIB
Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah Dok. BNPBTim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Dewi Nur Aisyah mengatakan, daya tahan tubuh berperan penting untuk melawan virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Dewi terkait adanya 17 dari 1.262 orang di klaster Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat ( Secapa AD) Bandung yang dirawat di rumah sakit.

"Daya tahan tubuh ini berperan penting bagi semua kita jika ingin mengalahkan penyakit ini," kata Dewi dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Dewi mengatakan 17 orang dari Secapa AD yang dirawat di rumah sakit memiliki gejala ringan Covid-19.

Baca juga: Tim Uji Klinis Anti Covid-19 Memulai Tugasnya di Klaster Secapa AD

Sedangkan sekitar 1.245 orang lainnya merupakan pasien tanpa gejala dan sedang menjalani isolasi mandiri di asrama. Isolasi dilakukan selama 14 hari untuk kemudian dilihat kembali kondisi kesehatannya.

Dewi menjelaskan, orang tanpa gejala Covid-19 akan lebih rentan melakukan penularan. Sebab, kata dia, orang tersebut akan selalu merasa sehat dan beraktivitas seperti biasa.

"Potensi orang yang tidak bergejala tinggi sekali menularkan, karena nyadar kalau ternyata dia sudah terinfeksi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Secapa AD di Bandung menjadi klaster baru Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan, penyelidikan epidemiologi terkait klaster ini sudah selesai dilakukan sejak 29 Juni lalu.

Baca juga: Secapa AD Tertutup, Dinkes Bandung Kesulitan Melakukan Tracing

"Kita dapatkan keseluruhan yang positif dari klaster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih di sana," kata Yurianto dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (9/7/2020) sore.

Kendati demikian, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, jumlah pasien di lingkungan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat di Bandung, Jawa Barat yang dinyatakan negatif Covid-19 sudah bertambah.

"Hasil lab PCR (polymerase chain reaction) dari swab kedua sampai dengan pagi ini (Selasa), ada 67 pasien lagi yang dinyatakan negatif," kata Nefra dalam keterangan tertulis, Selasa (14/7/2020).

Dengan demikian, akumulasi pasien yang dinyatakan negatif Covid-19 mencapai 165 orang. Sebelumnya, terdapat 98 pasien yang telah dinyatakan negatif, Senin (13/7/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X