Kompas.com - 10/07/2020, 06:54 WIB
Maria Pauline Lumowa, tersangka pelaku pembobolan kas Bank BNI, diekstradisi dari Serbia pada Rabu (8/7/2020). Setelah 17 tahun buron, Maria Pauline Lumowa yang merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas Bank BNI Cabang Kebayoran Baru senilai Rp 1,7 triliun lewat letter of credit (L/C) fiktif itu kembali ke Tanah Air. KOMPAS TV/ARSIP KEMENKUMHAMMaria Pauline Lumowa, tersangka pelaku pembobolan kas Bank BNI, diekstradisi dari Serbia pada Rabu (8/7/2020). Setelah 17 tahun buron, Maria Pauline Lumowa yang merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas Bank BNI Cabang Kebayoran Baru senilai Rp 1,7 triliun lewat letter of credit (L/C) fiktif itu kembali ke Tanah Air.
Penulis Dani Prabowo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tersangka pembobol Bank BNI senilai Rp 1,7 triliun, Maria Pauline Lumowa, berhasil diringkus setelah buron selama 17 tahun.

Pauline selama ini diketahui kabur ke luar negeri sejak 2003. Namun, pada Juli 2019 lalu, aparat keamanan Serbia berhasil menangkapnya saat berada di Bandara Internasional Nikola Tesla di Beograd.

Sementara itu, penambahan kasus baru Covid-19 kembali menembus rekor.

Dalam sehari, pemerintah mencatat terdapat penambahan 2.567 kasus.

Hal itu menyebabkan akumulasi kasus positif mencapai 70.736 kasus bila dihitung sejak pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

Berikut kabar terpopuler di Kompas.com sepanjang kemarin, selengkapnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Rekam jejak Maria Pauline Lumowa

Pauline adalah satu dari belasan tersangka pembobol BNI lewat letter of credit (L/C) fiktif pada kurun Oktober 2002 hingga Juli 2003 lalu.

Ketika itu Bank BNI mengucurkan pinjaman senilai 136 juta dollar AS dan 56 juta euro atau sama dengan Rp 1,7 triliun dengan kurs saat itu kepada PT Gramarindo Group yang dimiliki Maria Pauline Lumowa dan Adrian Waworuntu.

Adrian Waworuntu sendiri telah divonis hukuman penjara seumur hidup dalam kasus pembobolan Bank BNI tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.