Ini yang Dibahas Pimpinan KPK saat Bertemu Erick Thohir

Kompas.com - 08/07/2020, 15:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat bertemu dengan pimpinan KPK pada Rabu (8/7/2020). Dok. Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir saat bertemu dengan pimpinan KPK pada Rabu (8/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Piminan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menerima kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir di Gedung Merah Putih, Rabu (8/7/2020).

Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati mengatakan, pertemuan itu membahas dua hal dari enam skema pembiayaan penanganan Covid-19 yang secara langsung terkait dengan Kementerian BUMN, yaitu UMKM dan pembiayaan korporasi.

"Disampaikan oleh Menteri BUMN bahwa semua mekanisme dan desain program saat ini belum selesai. Namun, menteri BUMN menyampaikan progress dari masing-masing skema termasuk misalnya terkait bantuan modal kerja dan penyertaan modal negara," kata Ipi dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Ke KPK, Erick Thohir Mengaku Diskusi soal Pemulihan Ekonomi Nasional

Ipi menuturkan, dalam pertemuan itu, Erick juga mengusulkan agar KPK dapat mengawal setiap tahapan lebih awal.

Dalam hal pembuatan regulasi, Erick menawarkan agar KPK diikutsertakan untuk memberi masukan.

KPK juga diharapkan memberi masukan terkait desain dan mekanisme program serta membuat kajian saat program telah diimplementasikan.

"Merespon permintaan Menteri BUMN, KPK menyampaikan bahwa koordinasi dengan kementerian-kementerian terkait dengan program PEN, seperti dengan kementerian keuangan misalnya sudah dilakukan rutin oleh KPK," ujar Ipi.

Baca juga: Wakil Ketua KPK Minta Erick Thohir Laporkan Kasus Korupsi yang Libatkan BUMN

Adapun pertemuan tersebut berlangsung selama 1,5 jam diikuti kelima pimpinan KPK dan Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan.

Sedangkan, Kementerian BUMN diwakili Erick Thohir bersama dua Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo, serta Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto.

"Kehadiran Menteri BUMN hari ini, KPK memandangnya sebagai upaya untuk memperkuat koordinasi dengan kementerian terkait dalam upaya pencegahan korupsi," kata Ipi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X