Beri Bantuan Korban Longsor di Bogor, Mensos Sebut Realisasikan Janji Jokowi

Kompas.com - 06/07/2020, 16:33 WIB
Menteri Sosial Juliari Batubara saat mengunjungi korban tanah longsor di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Menteri Sosial Juliari Batubara saat mengunjungi korban tanah longsor di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/7/2020).
Penulis Irfan Kamil
|
Editor Bayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Sosial Juliari Batubara mengunjungi warga korban tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Juliari menyerahkan langsung bantuan kepada 4.188 kepala keluarga atau 12.403 jiwa. Bantuan senilai 3,72 miliar itu disebut realisasi atas janji Presiden Joko Widodo.

"Ini adalah realisasi kepada rakyat di Kecamatan Sukajaya, khususnya dari empat desa yang terdampak bencana alam longsor," kata Juliari, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Kemensos Beri Bantuan Rp 3,7 Miliar kepada Korban Longsor di Bogor

Penyerahan bantuan tersebut bersamaan dengan peresmian 1.753 hunian sementara oleh Bupati Bogor Ade Yasin.

Di sisi lain, Kemensos telah melakukan beberapa langkah penanganan darurat dan penyaluran bantuan sosial.

Langkah itu, antara lain pengerahan Taruna Siaga Bencana untuk melakukan aktivitas penanganan darurat bencana dan pelayanan dapur umum dan dukungan psikososial.

Selain itu, ketika terjadi bencana, Kemensos telah mengirimkan berbagai bantuan senilai 2,67 miliar.

Baca juga: Presiden Instruksikan Bupati Segera Relokasi Korban Longsor Bogor

"Di luar itu, pada saat bencana, kita juga sudah pernah mengirimkan beberapa bantuan logistik, santunan ahli waris, juga sembako yang nilainya sekitar 2,67 miliar rupiah," ucap Mensos.

"Jadi, kalau ditotal mungkin dari kami selama bencana sampai sekarang sudah sekitar Rp 6,4 miliar yang kami berikan di Kecamatan Sukajaya, khususnya di empat desa yang terdampak ini," kata dia.

Seperti diberitakan peristiwa bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Januari 2020 yang lalu akibatkan hujan yang berintensitas tinggi pada empat kecamatan.

Empat kecamatan itu yaitu Kecamatan Nanggung, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Sukajaya dan Kecamatan Jasinga.

Bencana ini telah merenggut 16 korban jiwa dan menyebabkan ribuan jiwa mengungsi karena kerusakan rumah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X