HUT Ke-74 Bhayangkara, Ketua DPR Minta Polri Optimalkan Pelayanan Publik

Kompas.com - 01/07/2020, 12:08 WIB
Kapolres Gowa AKBP Boy FS Samola (tengah) bersama unsur Forkopimda Gowa mengikuti upacara secara virtual di Kantor Polres Gowa,  Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (1/7/2020). Upacara secara virtual dalam rangka memperingati HUT ke-74 Bhayangkara tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww. ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHEKapolres Gowa AKBP Boy FS Samola (tengah) bersama unsur Forkopimda Gowa mengikuti upacara secara virtual di Kantor Polres Gowa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (1/7/2020). Upacara secara virtual dalam rangka memperingati HUT ke-74 Bhayangkara tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani berharap Polri semakin bersikap profesional dalam menegakkan hukum. Polri, kata Puan, harus bersikap adil agar bisa dipercaya publik.

"Kita juga ingin proses hukum yang dilakukan Polri berlangsung cepat dan efektif sehingga tidak membebani masyarakat yang ingin mencari keadilan," kata Puan dalam memperingati HUT ke-74 Bhayangkara dalam keterangan tertulis, Rabu (1/7/2020).

Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengajak perempuan memiliki peran aktif dalam melawan Covid-19, Kamis (23/4/2020).Dok. DPR Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengajak perempuan memiliki peran aktif dalam melawan Covid-19, Kamis (23/4/2020).
Baca juga: Jokowi Minta Polri Waspada Jelang Pilkada Serentak 2020

Puan meminta agar pelayanan publik yang dilakukan Polri dioptimalkan dan memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas.

"Pengawasan internal perlu ditingkatkan agar disiplin anggota Polri terus meningkat sehingga tidak ada lagi kasus-kasus yang mencoreng citra Polri," ujarnya.

Puan juga meminta Polri memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat selama pandemi Covid-19, sehingga penerapan kenormalan baru atau new normal berjalan kondusif.

“Pemeliharaan keamanan dan ketertiban juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dari dampak pandemi Covid-19," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: YLBHI Beberkan Persoalan Polri, dari Tunduk Pada Desakan Massa Hingga Penyiksaan

Lebih lanjut, dalam menghadapi Pilkada 2020, Puan berharap Polri dapat menjaga keamanan dan ketertiban agar pilkada berjalan dengan tertib.

"Kita semua berharap peran besar Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban agar pilkada serentak dapat berlangsung aman, tertib, dan demokratis," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.