Gugus Tugas Sumut: Banyak Orang Tak Pakai Masker di Pasar Tradisional

Kompas.com - 30/06/2020, 16:27 WIB
Hari pertama dibuka, pasar murah di gedung serbaguna Pemprov Sumut penuh sesak oleh warga sejak pagi, Minggu (17/5/2020) HandoutHari pertama dibuka, pasar murah di gedung serbaguna Pemprov Sumut penuh sesak oleh warga sejak pagi, Minggu (17/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara menemukan banyak masyarakat setempat yang tidak menggunakan masker.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara Aris Yudhariansyah melalui video telekonferensi, Selasa (30/6/2020).

“Masyarakat-masyarakat ini sekarang sudah pada lupa nih, ada yang sudah ga peduli menggunakan masker, apalagi di pasar tradisional, sudah banyak kita temukan orang-orang tanpa masker,” ungkap Aris.

Padahal, memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Gugus Tugas Sumut: Draf New Normal Sedang Diproses Pemerintah Pusat

Aris menuturkan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sudah memerintahkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Pemprov Sumut untuk turun ke sejumlah titik.

Para ASN tersebut bertugas mengedukasi masyarakat.

“Hari ini sudah menjadi hari yang kedua kita menjadi poster berjalan dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kota di Sumut juga telah diminta melakukan hal yang sama.

Baca juga: Gubernur Sumut: Saya Tidak Mau Pesantren Jadi Klaster Baru Covid-19

Langkah itu dinilainya lebih efektif dibanding menunggu masyarakat berinisiatif mencari informasi.

“Kalau kita berharap masyarakat untuk mendengarkan dan mencari informasi, saya pikir ini akan agak lebih lambat dibandingkan kita langsung turun ke lapangan,” ujar Aris.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X