Ajukan Tambahan Anggaran, Tjahjo: Banyak Anggota DPR Bilang Anggaran Kemenpan Kecil

Kompas.com - 23/06/2020, 19:27 WIB
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019). KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARIMenteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (31/12/2019).
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo mendapat pertanyaan dari sejumlah anggota DPR soal anggaran di kementeriannya yang dianggap terlalu kecil.

Ini disampaikan Tjahjo dalam rapat dengan Komisi II DPR pada Selasa (23/6/2020) siang ini.

"Banyak anggota DPR dalam dialog mempertanyakan soal anggaran Kemenpan yang kecil untuk perencanaan tahun anggaran 2021," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis, Selasa sore.

Baca juga: Komandan Brimob Polri Akan Diisi Jenderal Bintang 3, Tjahjo: Marinir Juga agar Tak Cemburu

Dalam rapat dengan Komisi II, Tjahjo mengajukan penambahan anggaran sebesar Rp 96.802.148.000 dari total pagu indikatif Rp 277.712.190.000.

Komisi II DPR pun menyetujui pengajuan anggaran itu.

Tjahjo mengatakan, prinsipnya yang memahami kondisi keuangan negara adalah menteri keuangan.

Oleh karena itu, Kemenpan-RB mengikuti saja keputusan Kemenkeu.

"Walaupun anggaran Kemenpan-RB kata sebagian anggota komisi II DPR relatif kecil, tapi prinsip perencanaan program Kemenpan-RB tercapai menjawab visi misi Presiden Jokowi dan Wapres Maruf-Amin terkait reformasi birokrasi," ucap Tjahjo.

Baca juga: Banyak ASN yang Tak Produktif Selama WFH, Tjahjo Berencana Menguranginya

Politisi PDI-P ini yakin ada skala prioritas lain yang lebih penting dan membutuhkan anggaran besar. Apalagi, pandemi Covid-19 juga masih terus berlangsung di tanah air.

"Kemenpan-RB tidak terlalu menuntut kenaikan karena kami paham kebutuhan negara khususnya untuk pemulihan ekonomi," ucap Tjahjo. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X