[POPULER JABODETABEK] 79 Pedagang Positif Covid-19, 12 Pasar di Jakarta Tutup | John Kei Ditangkap Polisi Lagi

Kompas.com - 22/06/2020, 08:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar tradisional di Jakarta masih menjadi klaster persebaran aktif Covid-19.

Tes massal yang diselenggarakan di banyak pasar di Jakarta semakin membuka potensi penyebaran virus yang masih tinggi di area pasar tradisional.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap saat ini sudah ada 79 pedagang positif Covid-19 di 12 pasar tradisional.

Pasar-pasar itu pun akhirnya ditutup sementara untuk memutus persebaran virus corona.

Berita seputar penyebaran Covid-19 di pasar tradisional di Jakarta menjadi berita terpopuler Megapolitan Kompas.com pada Minggu (21/6/2020).

Baca juga: Hitam Putih Kehidupan John Kei

Isu lainnya yang menjadi sorotan pembaca adalah soal penangkapan John Kei. Terpidana kasus pembunuhan berencana yang kini dalam status bebas bersyarat itu kembali tersandung kasus pidana.

Kali ini, John Kei ditangkap polisi karena ia dan anak buahnya diduga terlibat kasus penganiayaan di Green Lake City dan pembacokan di Cengkareng, Jakarta Barat.

Baca empat berita terpopuler Megapolitan Kompas.com sebagai berikut:

Petugas BNPB menerbangkan drone untuk melakukan pengukuran suhu tubuh warga di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (23/5/2020). Pengukuran suhu tubuh di kawasan tersebut bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR Petugas BNPB menerbangkan drone untuk melakukan pengukuran suhu tubuh warga di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (23/5/2020). Pengukuran suhu tubuh di kawasan tersebut bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

1. Ada 79 pedagang pasar di Jakarta positif Covid-19

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, terdapat 79 pedagang di 12 pasar tradisional di Jakarta dinyatakan positif Covid-19.
Hal itu diketahui berdasarkan hasil tes swab massal oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Saat ini, kata Riza, 79 pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 sudah melakukan isolasi mandiri.

Dengan adanya pedagang yang positif Covid-19, 12 pasar tradisional itu ditutup sementara.

Baca juga: Kadinkes: 137 Pedagang dari 18 Pasar Tradisional di DKI Terpapar Covid-19

"Terhadap 12 pasar tersebut, kami melakukan penutupan sementara kemudian dibersihkan," ujar Riza dalam siaran pers Pemprov DKI, Sabtu (20/6/2020) malam.

Riza mengatakan, tes swab massal telah dilaksanakan terhadap para pedagang di 33 pasar tradisional di Jakarta.

Berdasarkan hasil sementara, pedagang di 12 pasar dinyatakan terinfeksi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2), pedagang di tujuh pasar dinyatakan negatif Covid-19, sedangkan pedagang di pasar-pasar lainnya masih menunggu hasil.

Baca selengkapnya di sini.

2. John Kei ditangkap polisi lagi

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, 25 orang yang diduga terlibat peristiwa penganiayaan dan keributan di Green Lake City, Tangerang Kota dan Cengkareng, Jakarta Barat, ditangkap di markas kelompok John Kei.

Yusri menyampaikan, salah satu terduga pelaku yang ditangkap adalah pemimpin kelompok tersebut yakni John Kei. Para terduga pelaku sempat menghalangi polisi yang hendak menangkapnya.

Baca juga: Penangkapan John Kei dan Misteri Keterlibatannya dalam Penganiayaan di Cengkareng hingga Green Lake City

"Dua orang yang diduga pelaku atas nama C dan JK (John Kei) ditangkap di Jalan Titian Indah Utama X pada jam 20.15, markas kelompok John Kei," kata Yusri dalam keterangan tertulis, Minggu (21/6/2020).

Saat menggeledah markas tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti yakni 28 buah tombak, 24 buah senjata tajam, 2 buah ketapel panah, 3 buah anak panah, 2 buah stik bisbol, dan 17 buah ponsel.

Baca selengkapnya di sini.

Keributan diduga dengan senjata api terjadi di Green Lake City Kota Tangerang, Minggu (21/6/2020)Istimewa Keributan diduga dengan senjata api terjadi di Green Lake City Kota Tangerang, Minggu (21/6/2020)
3. Penembakan di Green Lake City, Tangerang dan pembacokan di Cengkareng

Sebuah video yang menunjukkan keributan dan aksi penembakan di Green Lake City, Kota Tangerang, beredar di media sosial, Minggu (21/6/2020).

Dalam video tersebut, perekam video mengatakan banyak orang memakai topeng berkumpul dan memecahkan kaca mobil.

Dalam video lainnya, terlihat petugas sekuriti (satpam) menutup pintu gerbang. Namun, gerbang tersebut diterobos mobil.

Wakapolres Metro Tangerang Kota AKBP Yudhistira Midhyawan membenarkan video yang beredar di media sosial tersebut.

Baca juga: Kronologi Penembakan di Green Lake City, Sekuriti Terluka Saat Adang Tamu Bersenjata

Yudhistira mengatakan, setelah mengetahui ada keributan, polisi langsung ke lokasi kejadian untuk menyelidiki kejadian sebenarnya.

"Kami masih mendalami kejadian ini," ujar dia melalui pesan singkat, Minggu.

Peristiwa tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB.

Tak lama berselang, warga melaporkan peristiwa pembacokan terjadi di Jalan Raya Kresek, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Baca juga: Rumah John Kei Digerebek terkait Peristiwa di Cengkareng dan Green Lake City

Seorang pria tewas tergeletak di jalan raya setelah dibacok oleh sekelompok orang tak dikenal.

Dua peristiwa ini kemudian mengarah pada sosok John Kei yang pernah dipenjara dalam kasus pembunuhan berencana terhadap bos Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung.

Polisi pun menggerebek kediaman John Kei. Sebanyak 25 orang diamankan, termasuk John Kei. Mereka kini masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Baca selengkapnya di sini.

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10/2017).Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan Presiden Joko Widodo bertemu dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/10/2017).
4. Doa Anies untuk Jokowi yang berulang tahun kemarin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo yang berulang tahun hari ini, Minggu (21/6/2020).

Ucapan selamat ulang tahun melalui pesan suara tersebut diunggah di akun resmi Twitter @aniesbaswedan.

"Kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi yang saya hormati, izinkan kami mengucapkan selamat ulang tahun," kata Anies seperti dikutip Kompas.com.

Baca juga: Jokowi Ulang Tahun, dari Doa Anies dan Ahok hingga Permintaan Novel Baswedan

Anies berdoa semoga amanat besar yang diemban Jokowi sebagai Presiden RI dapat dijalankan dengan baik. Anies juga mendoakan Jokowi agar diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan kemudahan dalam memimpin Indonesia.

"Semoga Bapak selalu diberikan kesehatan, selalu bahagia, selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan amanah, selalu dalam keberkahannya, dan Insya Allah selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar Anies.

Baca selengkapnya di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.