11 Daerah Belum Salurkan BLT Dana Desa, Kebanyakan di Papua

Kompas.com - 17/06/2020, 21:40 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam salah satu kesempatan. DOK. Humas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar dalam salah satu kesempatan.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyebut masih ada 11 kabupaten/kota yang hingga saat ini sama sekali belum menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan, 11 daerah tersebut kebanyakan berada di Papua

"Yang masih 0 persen (penyaluran BLT Dana Desa) ada 11 kabupaten yang rata-rata di Papua," kata Abdul Halim dalam konferensi pers virtual dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

Baca juga: Menteri Desa: Regulasi BLT Dana Desa Tahap II dalam Tahap Sinkronisasi

Halim mengatakan, ada dua kemungkinan penyebab 11 kabupaten/kota tersebut belum menerima dana desa. Pertama, mereka memang belum menyalurkan BLT dana desa.

"Kedua, sudah disalurkan cuma belum bisa laporan karena kondisi geografis," ujar Halim.

Halim berharap 11 daerah tersebut bisa segera menyalurkan BLT dana desa sebagai upaya membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Untuk daerah lainnya, Halim merinci sebanyak 291 kabupaten/kota telah menyalurkan BLT dana desa sebesar 100 persen.

Sebanyak 81 kabupaten/kota telah menyalurkan sebesar 75-99 persen. Lalu 24 kabupaten/kota yang telah menyalurkan BLT dana desa sebesar 50-74 persen. 

"Kemudian (penyaluran BLT dana desa) yang 1-49 persen ada 27 kabupaten/kota," ujar Halim.

Secara total, Halim menyebut BLT dana desa sudah disalurkan ke 6,88 juta keluarga penerima manfaat di 65.736 desa. Jumlah tersebut sebesar 88 persen dari total 74 ribu desa yang ada di seluruh Indonesia.

Baca juga: BLT Dana Desa Tahap II Mulai Disalurkan

Halim mengatakan, 272.491 penerima manfaat BLT dana desa memiliki anggota keluarga sakit kronis dan menahun. Sementara, 1,8 juta keluarga penerima manfaat BLT dana desa dipimpin oleh wanita.

"Jadi lumayan besar perempuan kepala keluarga yang menerima BLT dana desa dengan total Rp 4,12 triliun,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X