Seskab: Presiden Jokowi Sudah Enggak Tahan untuk Blusukan

Kompas.com - 17/06/2020, 13:29 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) berjalan didampingi Ketua Gugus Tugas Nasional COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (10/6/2020). Presiden mengunjungi Kantor Gugus Tugas Nasional COVID-19 yang berada di BNPB untuk memantau secara langsung penanganan COVID-19 di tanah air. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/aww. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo (tengah) berjalan didampingi Ketua Gugus Tugas Nasional COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo (kiri) dan Menko PMK Muhadjir Effendy (kanan) di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (10/6/2020). Presiden mengunjungi Kantor Gugus Tugas Nasional COVID-19 yang berada di BNPB untuk memantau secara langsung penanganan COVID-19 di tanah air. ANTARA FOTO/POOL/Sigid Kurniawan/aww.
Penulis Ihsanuddin
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut Presiden Joko Widodo kangen untuk blusukan ke luar daerah.

Selamat pandemi Covid-19 berlangsung di Tanah Air, Jokowi memang sudah tak pernah lagi melakukan kunjungan ke luar daerah dan hanya beraktivitas di Jakarta atau Bogor.

"Sebenarnya Presiden sudah enggak tahan untuk blusukan, karena Presiden adalah karakteristiknya seperti itu," kata Pramono dalam web seminar yang digelar Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, Selasa (16/6/2020) malam.

Seskab Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020)KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM Seskab Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020)
Pramono menyadari langkah Jokowi untuk blusukan ke luar daerah di tengah pandemi akan menjadi perdebatan publik.

Baca juga: Jokowi Kunjungan Kerja ke Daerah Lagi Mulai Besok

Namun setelah melihat perkembangan Covid-19 di Tanah Air, Presiden akhirnya tetap akan blusukan ke luar daerah.

Namun blusukan akan dilakukan di daerah zona hijau sehingga relatif aman dari Covid-19.

"Setelah melihat berkembangan yang ada hampir 100-an daerah yang hijau, Presiden tetap akan berkunjung ke beberapa daerah hijau," kata dia.

Menurut Pramono, blusukan ke luar daerah ini sekaligus memberi pesan bahwa Indonesia siap memasuki fase new normal atau tatanan hidup baru.

Baca juga: Istana: Jokowi Tak Bisa Intervensi Sidang Penyerangan Novel Baswedan

Masyarakat diharapkan bisa beraktivitas secara produktif namun aman dari Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Menyatakan bahwa kita siap bekerja tetapi kita tetap menjaga kesehatan," kata Pramono.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut Presiden akan berkunjung ke wilayah Jawa Tengah pada Kamis besok.

"Rencana Jawa Tengah," kata Heru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X