PAN: Ada Perluang Munculnya Calon Baru yang Tak Terduga pada Pilpres 2024

Kompas.com - 10/06/2020, 18:28 WIB
Dradjad Wibowo di Sekretariat DPP PAN di Jl Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI Dradjad Wibowo di Sekretariat DPP PAN di Jl Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional ( PAN) Dradjad Wibowo mengatakan, partainya belum membahas soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Dradjad, Pilpres 2024 akan sangat cair dan terbuka peluang munculnya calon-calon baru yang mengejutkan.

"Peta 2024 akan sangat cair dan berbeda dengan 2019. Calon-calon baru bisa saja muncul, yang mungkin malah secara tak terduga," kata Dradjad saat dihubungi, Rabu (10/6/2020).

Baca juga: PKS Buka Peluang Koalisi dengan Gerindra pada Pilpres 2024

Pernyataan Dradjad itu menjawab pertanyaan soal peluang PAN berkoalisi dengan Partai Gerindra jika Prabowo Subianto kembali maju sebagai capres 2024.

Prabowo disebut akan menetapkan soal pencapresan 2024 dalam waktu dekat dan mempertimbangkan maju lagi jika kader partai dan rakyat menghendaki.

Dradjad mengatakan, keputusan Prabowo untuk kembali maju sebagai capres pada 2024 sepenuhnya merupakan hak Ketua Umum Gerindra itu.

"Sebagai warga negara, Mas Prabowo punya hak untuk mempertimbangkan nyapres lagi. Gerindra juga berhak mencalonkannya," tuturnya.

Baca juga: Sekjen Gerindra: Prabowo Segera Putuskan Pencapresan 2024

Namun, ia menegaskan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakan soal koalisi Pilpres 2024.

Dradjad menyatakan, PAN masih fokus memperkuat basis akar rumput untuk menghadapi Pileg 2024.

"PAN sendiri masih fokus untuk memperkuat basis konstituen agar dalam Pileg nanti suara dan kursi PAN bisa naik. Pileg 2024 sangat krusial bagi PAN, apalagi dengan adanya perubahan threshold parlemen dan lain-lain," kata dia.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X