342 ABK WNI Kapal Pesiar Rotterdam Dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Priok

Kompas.com - 08/06/2020, 20:22 WIB
Sebanyak 342 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) kapal pesiar MV Rotterdam dievakuasi ke dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/6/2020). Lantamal III JakartaSebanyak 342 Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) kapal pesiar MV Rotterdam dievakuasi ke dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 342 anak buah kapal kapal pesiar MV Rotterdam yang merupakan warga negara Indonesia ( WNI) dievakuasi ke Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/6/2020).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan laut (Lantamal) III Jakarta Brigadir Jenderal TNI Hermanto mengatakan, selain WNI, ada 1 ABK warga negara Bosnia yang juga dievakuasi.

"ABK sebanyak 342 WNI dan 1 WNA kewarganegaraan Bosnia, turun untuk kemudian kembali ke negaranya menggunakan pesawat udara," ujar Hermanto dalam keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Baca juga: Kapal Logistik Sandar Samarinda, 8 ABK Positif Covid-19

Hermanto mengatakan, kapal pesiar berbendera negara Belanda sebelumnya berangkat dari Reunion, Francis tujuan Filipina yang kemudian menuju Jakarta dengan menggunakan tunderboat.

Tim Satgas mulai melakukan evakuasi ABK tersebut ketika sudah menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Sesampainya di dermaga, Tim Satgas langsung melakukan penyemprotan disinfektan, aik terhadap tubuh maupun barang bawaan ABK. 

"Terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati x-ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/anjing pelacak Pom Lantamal III Jakarta," kata Hermanto.

Para ABK kemudian menjalani swab test di Hotel Mercure Hayam Wuruk dan Hotel Mercure Batavia dari tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca juga: Tiba di Tanjung Priok, ABK Westerdam Jalani Pemeriksaan X-ray Tim Bea Cukai

Sementara itu, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan, para ABK tersebut akan menjalani isolasi selama 14 hari ke depan.

"Ini merupakan kapal yang ke-12 dan sudah sekitar 3.163 ABK WNI yang sudah dievakuasi," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X