Metode Belajar Berubah Saat Pandemi, Akademisi: Kenali Sisi Positifnya

Kompas.com - 07/06/2020, 15:57 WIB
Demi Kuliah Online, Mahasiswa Rela Berburu Jaringan Internet Hingga Ke Puncak Gunung Mamasa KOMPAS.COM/JUNAEDIDemi Kuliah Online, Mahasiswa Rela Berburu Jaringan Internet Hingga Ke Puncak Gunung Mamasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Komputasi Layanan Institut Teknologi Bandung (ITB) Suhardi menyebut perubahan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring guna menghadapi pandemi Covid-19 dinilai sebagai sebuah keniscayaan.

"Karena itu kenali sisi positifnya sebagai hasil dan sisi negatifnya untuk menghindar," ujar Suhardi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Di sisi lain, akibat pandemi Covid-19 juga telah melahirkan inovasi-inovasi yang tidak bergantung pada model pengajaran lama.

Baca juga: 5 YouTuber Indonesia dengan Konten Inspiratif Kuliah di Luar Negeri, dari Nadhira Afifa hingga Jerome Polin

Dalam pengajaran di tingkat perguruan tinggi, lanjut dia, pelaksanaan pengajaran daring menjadi alternatif yang umum dilakukan menggantikan pola pengajaran lama.

"Sisi lain pandemi ini kita tiba-tiba dipaksa untuk segera melaksanakan revolusi industri 4.0," kata dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Kristen Maranatha (UKM) Bandung Sri Widiyantoro menyebut, pelaksanan pengajaran daring membutuhkan sejumlah syarat.

Syarat itu meliputi kedisplinan, motivasi tinggi, kemandirian, capaian dan mahalnya sistem daring.

Selain itu, kata dia, banyak dosen juga mengalami masalah dalam pelaksanaan sistem daring tersebut.

Baca juga: Belajar Teknik Mindfulness, Redakan Cemas Menghadapi New Normal

"Banyak dosen masih menggunakan gaya tradisional di kelas online, menjadikan online hanya untuk memberikan bahan presentasi atau pengumuman tugas," kata dia.

Namun demikian, Sri Widiyantoro mengatakan, di sisi lain pandemi ini merupakan blessing in disguise dalam model pengajaran alternatif.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X