Mendagri: Anambas Punya Potensi Luar Biasa, Jangan Sampai Warganya Hanya Jadi Penonton

Kompas.com - 04/06/2020, 19:38 WIB
Mendagri Tito Karnavian mengenakan masker dengan gambar wajahnya sendiri. Tangkap layar Kompas TVMendagri Tito Karnavian mengenakan masker dengan gambar wajahnya sendiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sekaligus Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian menyebut Kabupaten Kepulauan Anambas mempunyai potensi yang luar biasa.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kata Tito, perlu adanya dukungan dari pemerintah pusat seperti infrastruktur pelabuhan dan bandara.

"Potensi Kabupaten Kepulauan Anambas ada di banyak sektor," ujar Tito dalam keterangan tertulis, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Kunjungi Anambas, Mendagri Bahas Pilkada Hingga Covid-19

Tito mengunjungi Kabupaten Kepulauan Anambas bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP, Mahfud MD, Kamis (4/6/2020).

Menurutnya, potensi tersebut tak lepas dari keberadaan lebih lebih dari 200 pulau yang didukung alam yang indah.

Selain itu, Tito mengatakan, skil Sumber Daya Masyarakat (SDM) Kabupaten Kepulauan Anambas juga perlu dikembangkan, baik melalui pendidikan formal maupun informal agar dapat menjadi mandiri.

Baca juga: Percepat Pembangunan Wilayah Perbatasan, BNPP Sisir Kabupaten Kepulauan Anambas

Lokasi Kabupaten Kepulauan Anambas yang berada di perbatasan Indonesia dengan negara ASEAN menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Sehingga diperlukan komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi daerah perbatasan negara yang berdaya saing.

"Jadi intinya kira-kira jangan sampai nanti warga Anambas menjadi penonton di tempat sendiri, harus bisa mandiri intinya," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X