Kompas.com - 04/06/2020, 13:13 WIB
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapid test atau tes cepat terkait Covid-19 bagi sekitar 2.000 pegawai KPK, Kamis (4/6/2020).

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, rapid test ini juga diikuti oleh seluruh pihak yang beraktivitas di lingkungan KPK mulai dari petugas keamanan, awak media, hingga para tahanan.

"Ini penting dilakukan dalam hal memastikan bahwa seluruh pegawai, seluruh insan KPK, seluruh pihak yang berinteraksi di KPK dipastikan bebas dari Covid-19," kata Firli saat memberikan sambutan, seperti ditulis Antara.

Baca juga: Kasus Alih Fungsi Lahan, KPK Rampungkan Penyidikan Legal Manager PT Duta Palma

Firli menuturkan, kegiatan rapid test ini juga merupakan bagian dari persiapan KPK menghadapi kenormalan baru atau new normal.

"Karena kita tidak bisa membiarkan suasana seperti ini kita harus diam selalu di rumah. Walaupun beberapa bulan yang lalu dan sampai hari ini KPK menganut work from home dan bekerja di kantor," ujar Firli.

Berkaitan dengan kenormalan baru itu, Firli menyebut KPK akan tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Kasus Dugaan Suap, KPK Periksa 12 Mantan Anggota DPRD Sumut

Beberapa contohnya antara lain menerapkan metode kerja berdasarkan shift serta menjaga jarak termasuk dalam hal pemeriksaan di mana pemeriksa dan terperiksa dibatasi oleh kaca sehingga tidak ada kontak langsung saat keduanya berbicara.

Firli pun menegaskan bahwa KPK tidak berhenti bekerja meski sedang dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.