Muhaimin: Pancasila Modal Indonesia Melewati Krisis Akibat Covid-19

Kompas.com - 01/06/2020, 14:59 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/8/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan Pancasila merupakan modal bagi bangsa Indonesia melalui krisis akibat pandemi Covid-19.

Ia yakin Indonesia mampu melalui masa-masa sulit ini dengan baik.

"PKB yakin dengan bermodalkan nilai dan ajaran yang terkandung didalam sila-sila Pancasila, kita akan mampu melewati krisis pandemi ini dengan baik," kata Muhaimin atau Cak Imin dalam keterangan tertulis, Senin (1/6/2020).

Namun, menurut Cak Imin, hal tersebut dapat terjadi jika nila-nilai Pancasila diimplementasikan dengan benar dan konsekuen baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Ketua DPR Sebut RI Butuh Gotong Royong Berskala Besar

Cak Imin menyatakan Pancasila mengajarkan tentang pentingnya nilai kemanusiaan yang adil dan beradab.

Artinya, kata dia, ego sektoral penentu dan pelaksana kebijakan harus ditepikan dalam penanganan Covid-19.

"Kita semua harus meyakini bahwa kemanusiaan harus ditempatkan lebih tinggi daripada segala ego sektoral dari masing-masing pemegang kebijakan, pemerintah pusat maupun daerah, legislator di semua tingkatan, pelaku usaha, bisnis dan sebagainya," ujarnya.

"Kerja-kerja kemanusiaan dengan menolong masyarakat yang terdampak secara ekonomi, baik dengan membagikan masker maupun sembako, bantuan pengobatan adalah cerminan dari tingginya kemanusiaan kita," tegas Cak Imin.

Cak Imin pun mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum untuk memperkokoh persatuan dan mengasah rasa kemanusiaan bangsa Indonesia.

Wakil Ketua DPR itu mengajak seluruh elite negeri dan masyarakat terus menghidupi nilai-nilai dalam sila Pancasila, khususnya sila ketiga yaitu persatuan Indonesia.

"Inilah momentum bangkit bersama Pancasila menyelamatkan Indonesia dari pagebluk Covid-19," tuturnya.

Baca juga: Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolri Singgung New Normal

Cak Imin optimistis, dengan Pancasila, Indonesia mampu memulihkan perekonomian nasional dengan cepat serta tidak akan mengalami gejolak politik-sosial nasional akibat pandemi Covid-19.

"Yakinlah, dengan Pancasila, bangsa Indonesia tidak akan mengalami distabilitas politik maupun sosial seperti negara lainnya. Dan dengan Pancasila pula bangsa Indonesia akan mampu dengan cepat me-recovery perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19," kata Cak Imin.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X