Polri Catat 140 Napi Asimilasi Kembali Lakukan Tindak Pidana

Kompas.com - 27/05/2020, 18:06 WIB
Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Dok. Divisi Humas PolriKepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Narapidana penerima asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan penularan virus corona ( Covid-19) yang kembali melakukan tindak pidana pada Rabu (27/5/2020) ini, bertambah sebanyak lima orang.

Pada Senin (25/5/2020) lalu, narapidana yang mendapatkan pembebasan bersyarat diketahui sebanyak 135 orang

"Sampai dengan saat ini, tercatat 140 napi asimilasi yang kembali melakukan kejahatan (tindak pidana)," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan melalui video telekonferensi, Rabu.

Baca juga: Terus Bertambah, Kini Ada 135 Napi Asimilasi yang Tercatat Bikin Kejahatan Lagi

Kasus tindak pidana yang dilakukan para napi tersebut pun beragam.

Mulai dari, pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Ada pula kasus lainnya, misalnya pembunuhan.

"Penganiayaan, pemerkosaan, serta kasus-kasus perjudian, pembunuhan dan penggelapan," ujar dia.

Sebelumnya, 135 narapidana penerima asimilasi dan pembebasan bersyarat akibat wabah Covid-19 tercatat kembali berulah hingga Senin (25/5/2020).

Sebanyak 135 kasus itu tersebar di 23 kepolisian daerah (polda) di Tanah Air.

Baca juga: 808 Napi di Nusakambangan Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri

Polda yang paling banyak menangani kasus napi asimilasi tersebut yaitu Polda Jawa Tengah dan Polda Sumatera Utara. Masing-masing menangani 17 kasus.

Kasus yang ditangani Polda Riau juga tergolong tinggi sebanyak 12 kasus.

Kemudian, Polda Jawa Barat menangani 11 kasus napi yang kembali melakukan tindak pidana.

Kasus lainnya juga terjadi, antara lain di Kalimantan Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan sekitarnya, Sumatera Selatan, serta polda lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X