Kompas.com - 25/05/2020, 17:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan, banyak kelompok yang mudah terinfeksi Covid-19.

Ia mengatakan, kelompok-kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19 adalah mereka yang berusia lanjut dan yang memiliki penyakit kronis.

"Kelompok rentan adalah kelompok usia lanjut, kelompok yang memiliki penyakit kronis sebelumnya misalnya, hipertensi, kencing manis, gagal ginjal, kelainan pada paru-paru yang kronis misalnya penderita asma, bronkitis," kata Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (25/5/2020).

Baca juga: IDAI: Tidak Benar Anak Tidak Rentan terhadap Covid-19

Berdasarkan hal tersebut, Yuri meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan berpikir cermat untuk tidak keluar rumah selama pandemi.

Ia mengatakan, apabila terpaksa keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker untuk melindungi diri dari percikan atau droplet dari orang sekitar.

"Kita harus melakukan ini, karena kita tidak pernah tahu, siapa yang berada di luar yang mengidap dan membawa virus ini," ujarnya.

Yuri juga meminta, sekembali dari luar rumah, masyarakat diharapkan tidak melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga dan segera mandi dan mengganti baju.

Baca juga: Cerita Penguji Spesimen Covid-19: Kerja 6 Jam Tanpa Makan, Minum dan Buang Air

"Jangan melaksanakan kontak dengan keluarga sebelum kita ganti baju, mandi dan seterusnya," ucapnya.

Lebih lanjut, Yuri mengatakan, banyak orang membawa virus corona tetapi tidak menyadari karena tidak ada sedikit pun gejala.

Oleh karenanya, masyarakat diminta mewaspadai penularan virus dan memiliki pertimbangan yang baik untuk memutuskan keluar rumah.

"Inilah yang harus jadi kewaspadaan kita. Oleh karena itu, keluar dari rumah harus dipertibangkan baik-baik," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.