Kompas.com - 22/05/2020, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia memastikan bahwa Presiden Joko Widodo dan jajarannya tidak mengadakan open house saat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

"Tidak pernah ada pembahasan di dalam rapat terkait rencana open house. Ini bagian dari konsistensi pemerintah untuk menerapkan physical distancing di semua aktivitas," kata Angkie dalam keterangan tertulis, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Tak Gelar Open House pada Lebaran Tahun Ini

Angkie menyebutkan, open house memungkinkan terjadinya pertemuan massa dan interaksi jarak dekat sehingga berpeluang terjadinya penyebaran virus secara cepat.

Maka dari itu, hal ini dihindari oleh Presiden Jokowi yang kemudian diikuti oleh seluruh jajaran di bawahnya.

"Kita bisa saling bersilaturahim secara daring pada saat Lebaran nanti dengan sanak keluarga, kerabat, dan sahabat tanpa harus memaksakan diri untuk melakukan pertemuan fisik," kata dia.

Baca juga: Mahfud: Anggota Kabinet Tahu Diri, Tak Akan Gelar Open House di Saat Pandemi

Menurut Angkie, Presiden Jokowi memahami bahwa momentum Lebaran adalah adanya kegiatan saling berkomunikasi secara langsung untuk bermaaf-maafan dengan orang terdekat.

Namun, situasi hari ini tentu belum memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

"Mengingat prioritas pemerintah kepada kesehatan sangat tinggi, sehingga aktivitas open house yang biasa diadakan kini harus diurungkan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.